-->

Menu Bawah

Iklan

Pelayanan Kantor Disdukcapil Tebo Dilakukan Via WhatsApp

18/06/20, 14:32 WIB Last Updated 2020-06-18T09:13:42Z
masukkan script iklan disini

PORTALTEBO.id - Wabah Corona atau Covid-19 yang akhir-akhir ini sedang terjadi di seluruh wilayah Indonesia sangat berpengaruh terhadap aktifitas sosial masyarakat termasuk di  Kabupaten Tebo.

Namun demikian pelayanan publik kepada masyarakat juga tetap harus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tebo, dalam hal pelayanan administrasi kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan Dan pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tebo, Abu Bakar saat ditemui diruangan kerjanya menjelaskan, demi menekan penyebaran Covid-19 maka seluruh pelayanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil ditunda, namun khusus kepada masyarakat yang amat sangat membutuhkan (urgent) pihaknya menyediakan pelayanan online Via WhatsApp.

Selanjutnya dia menerangkan, pelayanan melalui Via WhatsApp ini tidak jauh berbeda dengan pelayanan seperti biasanya. Hanya saja berkas yang akan dimohonkan oleh masyarakat difoto melalui Handphone dan dijadikan dalam bentuk file PDF. Berkas tersebut dikirimkan melalui nomor  WhatsApp.

"Nomor whatsappnya sudah kita tempel di depan pintu masuk kantor. Disitu juga sudah kita beri petunjuk seperti apa format isi pesan," kata Abu Bakar, Kamis (18/06/20).

Lanjut dia, setelah berkas diterima oleh petugas, berkas tersebut akan diverifikasi kelengkapannya," jika belum lengkap petugas akan segera memberitahukan melalui pesan singkat WhatsApp, namun jika dianggap sudah memenuhi persyaratan berkas permohonan tersebut akan segera kita proses," kata dia lagi.

Selanjutnya, kata Abu Bakar, saat ini pihaknya tengah membuat suatu aplikasi pengurusan administrasi kependudukan secara online dengan nama Sistem Informasi dan Pelayanan Ujung Jari (SIPUJA). Aplikasi ini nantinya bisa diakses langsung melalui aplikasi Playstore dan Insyaallah akan di launching pada Juli tahun 2020 ini.

"Mudah-mudahan dengan program ini masyarakat terbantu. Yang jelas, kami berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan publik kepada masyarakat Tebo dalam hal pengurusan kependudukan dan pencatatan sipil, walaupun disaat situasi pandemi Covid-19," tutupnya. (wan)
Komentar

Tampilkan

1 komentar:

  1. Jika.sudah d ttima surat pindah saya ,kata ny dlm proses brpa lama saya hrus menunggu pak ?

    BalasHapus

Terkini