-->

Menu Bawah

Iklan

Polres Tebo Gelar Apel Pencanangan Kampung Tangguh Nusantara

16/06/20, 15:44 WIB Last Updated 2020-06-16T08:44:33Z
masukkan script iklan disini

PORTALTEBO.id - Polres Tebo gelar apel Pencanangan Kampung Tangguh Nusantara (Karhutla, Pangan dan Narkoba) untuk kesiapan menuju New Normal atau kenormalan baru di Kabupaten Tebo Tahun 2020. 

Apel yang dipimpin langsung oleh Bupati Tebo, Dr. H. Sukandar, S. Kom., M. Si ini, dilaksanakan di lapangan Mapolres Tebo, Selasa (16/06/2020).

Dalam arahannya, Sukandar mengatakan perlunya persiapan dalam menghadapi New Normal atau kenormalan baru. Untuk itu Pemkab dan Polres Tebo bersinergi untuk pencanangan pembentukan desa tangguh nusantara," Desa Tangguh Nusantara ini nantinya tersebar di setiap kecamatan," kata Sukandar.

Dibeberkan Sukandar, Desa Tangguh Nusantara Karhutla tersebar di lima desa dalam Kecamatan Sumay. Desa Tangguh Pangan berada di sebelas desa dan dua kelurahan. Sedangkan desa Tangguh Narkoba ditetapkan di Desa Mangun Jayo Kecamatan Tebo Tengah.

Penetapan Desa Tangguh Nusantara ini kata Sukandar, berdasarkan kelengkapan fasilitas seperti keberadaan posko dan personel, ketahanan pangan yaitu gudang penyimpanan padi. Juga ketahanan lingkungan terdiri dari pos keamanan dan personel serta ketahanan kesehatan terdiri dari ruang isolasi, pos kesehatan dan kelengkapan peralatan.

Usai apel, Kapolres Tebo, AKBP Abdul Hafidz mengatakan, pihaknya akan berupaya ikut mensukseskan tujuan dari dibentuknya desa tangguh. Untuk mencapai tujuan itu, pihaknya bekerjsama dengan semua pihak. 

Seperti tangguh Narkoba kata dia, Polres Tebo bekerjsama dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) memberikan bantuan sarana olahraga kepada desa yang telah terbentuk. Tujuannya untuk peningkatan kebugaran dan kesehatan masyarakat," di desa tangguh Narkoba ini, kita juga melakukan bimbingan, penyuluhan dan sosialisasi tentang cegah dan tangkal narkoba masuk ke desa tersebut. Kita juga mengajak kepada desa lain agar ikuti menjadi desa tangguh narkoba," katanya. 

Dalam giat tangguh Karhutla lanjut Kapolres, pihaknya bekerjsama dengan perusahaan memberikan bantuan masing-masing desa 1 set pompa air. Pompa air ini gunanya sebagai alat untuk antisipasi Karhutla. Selain itu, pihaknya juga melakukan pembinaan secara kontinu," kita juga melakukan kegiatan preventif, patroli bersama dengan petugas dari polres dan polsek, dan pendirian posko pantau bersama," kata dia.

Untuk tangguh pangan, Polres Tebo bersama perusahaan mitra memberikan bantuan pupuk secara kontinu kepada warga atau petani. Polres Tebo juga melakukan pembinaan terhadap petani.

"Kegiatan bimbingan dan penyuluhan juga tetap kita lakukan agar hasil dari desa tangguh ini bisa dinikmati oleh masyarakat banyak, khusunya masyarakat desa tersebut," kata dia. 

Ditegaskan Kapolres, disela itu pihaknya tetap melakukan sosialisasi kepada masyarakat  agar tetap menjaga kesehatan dan selalu menerapkan protokol kesehatan pada setiap kegiatan.

Diketahui, apel ini diikuti oleh Unsur Forkopimda Tebo beserta jajaran, Kepala OPD terkait, Pimpinan Perusahaan Mitra, Kepala Desa Binaan Ormas dan Organisasi Kepemudaan. Adapun personel apel terdiri dari Unsur TNI-POLRI, Satpol PP, BPBD, Damkar, Manggala Agni, dan MPA. (red) 

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini