-->

Menu Bawah

Iklan

Rio Se Kecamatan Bathin II Pelayang Teken Komitmen Tolak PETI di Batang Tebo

08/06/20, 21:35 WIB Last Updated 2020-06-08T16:42:54Z
masukkan script iklan disini

PORTALTEBO.id - Hari ini, Senin (8/6) Seluruh Rio (Kepala Desa) di wilayah kecamatan Bathin II Pelayang, Kab. Bungo, Menandatangani fakta integritas menolak aktivitas Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Sungai Batang Tebo.

Selain dihadiri para Rio acara ini juga dihadiri Ketua BPD desa/dusun terkait, Camat, dan sejumlah tamu undangan. 

Pertemuan yang digelar di Kantor Camat hari ini, Menurut undangan camat setempat, Karena adanya pengaduan masyarakat Dusun Paninjau, Pelayang dan Sebrang Jaya, Soal kondisi sungai Batang Tebo yang tidak jernih lagi akibat limbah buangan PETI sehingga sungai tidak bisa lagi digunakan sebagaimana biasa.

"Justru itu kami berkomitmen bersama seluruh Datuk Rio dan BPD se Kecamatan Pelayang menyatakan sikap dengan menandatangani Fakta Integritas penolakan peti di sepanjang aliran sungai Batang Tebo termasuk di sungai yang ada di Kecamatan Bathin II Pelayang,"ujar Marwilis, Camat setempat saat penandatanganan Fakta Integritas hari ini.

“Menandatangani Fakta integritas ini adalah bukti komitmen bersama Bathin II Pelayang menolak adanya Peti di aliran sungai ini” Ujarnya. Sekaligus perintah Bupati dan wakil Bupati bahwa tidak dibenarkan pejabat kecamatan dan desa terlibat dalam aktifitas Peti.

Aprizal, Rio Dusun Peninjau yang hadir dalam kesempatan ini mengatakan, Semua perangkat di Dusun baik itu Rio dan BPD Kec. Bathin II Pelayang ikut dalam rapat pencemaran sungai Batang Tebo hari ini.

"Kami dari Datuk Rio menolak adanya peti yang beroperasi di kecamatan Bathin II Pelayang karena itu sudah mencemari kekayaan alam yang ada di Dusun," Ujarnya.

Menurutnya, Peti ini sangat berbahaya bagi kita semua dan penerus kita nanti oleh karena itu mereka berkomitmen menolak PETI.

"Saya berharap kepada penegak hukum wilayah Kabupaten Bungo tolong tindak orang yang melakukan peti dengan seadil-adilnya," Pungkas Rio tersebut. (red/wil)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini