-->

Menu Bawah

Iklan

Wakajati Jambi Tanam Pohon Durian di Sekolah Alam Suku Anak Dalam

23/06/20, 20:48 WIB Last Updated 2020-06-23T13:48:27Z
masukkan script iklan disini

PORTALTEBO.id - Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Provinsi Jambi, Bambang Haryanto SH MH menanam bibit pohon durian di sekolah alam Suku Anak Dalam (SAD), Desa Muara Kilis Kacamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo Jambi, Selasa (23/06/2020).

Penanaman bibi pohon durian ini merupakan rangkaian kegiatan bhakti sosial yang digelar Kejati Jambi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-60 di pemukiman SAD tersebut.

"Semoga pohon ini tumbuh subur dan bermanfaat bagi saudara kita SAD kedepanya," kata Wakajati Jambi Bambang Haryanto SH MH saat menanam bibit pohon durian tersebut. 

Selain penanaman bibit pohon buah-buahan (durian), pada kegiatan bakti sosial ini rombongan Wakajati menggelar pengobatan massal, pembagian sembako, penyerahan bantuan pakaian, dan alat-alat pendidikan bagi anak anak SAD.

Pada kesempatan ini juga, Wakajati mengajak warga SAD untuk menjaga hutan agar tetap lestari.

Salah seorang warga SAD Muara Kilis, Malenggang mengatakan, penanaman bibit pohon buah-buahan di area sekolah alam pernah dia rencanakan namun belum sempat terwujud," Alhamdulillah hari ini penanaman bibit pohon buah-buahan sudah dimulai oleh bapak Wakajati," ucapnya. 

Kedepanya kata Malenggang, dia akan melanjutkan penanaman bibit pohon buah-buahan tersebut," Lihat saja sendiri di sekeliling sekolah alam ini hanya ditumbuhi pohon akasia. Pohon ini akan kita tebang dan digantikan dengan pohon buah-buahan. Ini sudah kami sampaikan kepada pendamping. Mudah-mudahan pendamping kami bisa mencarikan bibit pohon buah-buahan untuk ditanam di areal ini," kata dia lagi. 

Pernyataan Malenggang ini dibenarkan oleh salah seorang pendamping SAD, Ahmad Firdaus. Dikatakan dia jika warga SAD menginginkan pohon akasia diareal sekolah alam tersebut digantikan dengan pohon buah-buahan," kata mereka (SAD) pohon buah-buahan lebih bermanfaat dibandingkan pohon akasia. Sebab jika berbuah nanti, mereka bisa menikmatinya," kata Ketua Yayasan Orang Rimbo Kito (ORIK) ini. 

Diakui Firdaus jika dirinya bersama pengurus ORIK tengah menyusun program penanaman pohon buah-buahan di sekitar sekolah alam dan pemukiman SAD Muara Kilis. Pada program ini kata dia, pohon buah-buahan yang ditanam adalah jenis pohon hutan diantara alpokat, mangga, jengkol, nangka, dan lainnya," jadi dalam satu areal nantinya ditanam beragam macam pohon buah-buahan," katanya. 

Diketahui, kegiatan bhakti sosial dalam rangka memperingati HBA ke-60 ini merupakan rangkaian program Jaksa Masuk Rimba yang digagas oleh Kejati Jambi. 

Pada pelaksanaannya, Kejati Jambi melalui Kejari Tebo bersama sejumlah aktivitas yang peduli SAD mendirikan Yayasan Orang Rimbo Kito (ORIK). Dalam kepengurusan, Teguh Suhendro yang waktu itu menjabat sebagai Kajari Tebo, dipercaya sebagai Ketua Pembina dengan anggota Andi Restu Cahyono dan Robi Harja. Sementara pengawas Yayasan adalah Ikrar Demarkasi dan Rais Dani. Untuk Ketua Yayasan adalah Ahmad Firdaus. "Kajati Jambi dalam hal ini adalah penasehat sekaligus pelindung," kata Ahmad Firdaus. (red)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini