-->

Menu Bawah

Iklan

Modal Awal BUMDes Bangko Pintas Dipertanyakan

19/07/20, 21:23 WIB Last Updated 2020-07-19T14:23:30Z
masukkan script iklan disini

PORTALTEBO.id - Tahun 2017 lalu, Desa Bangko Pintas Kecamatan Muara Tabir Kabupaten Tebo telah membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 

BUMDes yang bergerak pada bidang jual alat pertanian, pupuk dan obat-obatan serta alat bangunan tersebut, dianggarkan (dana awal) lebih dari Rp100 juta dari dana desa (DD). Sayangnya, usaha milik desa tersebut diduga tidak berjalan sebagai mana mestinya. 

"Kalo dak salah modal awalnya Rp135 juta. Itu kalo dak salah, soalnya waktu itu bukan saya Kadesnya," kata Kades Bangko Pintas, Iskandar mengaku tidak mengetahui berapa jumlah pasti modal awal BUMDes tersebut, Minggu (19/07/2020).

Keterangan Iskandar, dia menjabat sebagai Kades Bangko Pintas pada tahun 2019 kemarin. Sebelumnya dia, kades dijabat oleh Haidir," prngurus BUMDes nya juga orang lama. Jadi saya kurang tahu berapa jumlah pernyataan modal awal BUMDes,"kata dia. 

Masih menurut Iskandar, saat ini kepengurusan BUMDes yang baru telah terbentuk dan diketuai oleh Sabri. 

Pada saat serah terima aset BUMDes antara ketua lama yakni Diki kepada pengurus baru yakni uang senilai Rp65.000.000 beserta barang lain yang diperkirakan senilai Rp10.000.000.

"Saat penyerahan aset BUMDes disaksikan oleh kepala desa beserta perangkat dan pendamping desa saudara Wasgi," ucap Iskandar lagi. 

"Berdasarkan nota yang diserahkan oleh pengurus lama senilai sekitar Rp21.000.000. Namun itu hanya peneriman sementara demi menyelamatkan BBUMDes," ucap Iskandar dan berkata, jika ada temuan atau kekurangan pengembalian dana BUMDes, Ketua lama yakni Diki siap bertanggungjawab. 

Terpisah, Ketua BUMDes yang baru Sabri dikonfirmasi mengaku tidak banyak tahu soal BUMDes," Saya menjabat sebagai Ketua BUMDes baru beberapa bulan ini. Kalau soal dana dan aset BUMDes yang saya terima sama seperti keterangan pak Kades," singkatanya. (hta) 
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini