Menu Bawah

Iklan

Setelah Nama Kadis PMPTSP KUKM, Penipu Mencatut Nama Ketua DPRD Tebo

31/07/20, 19:56 WIB Last Updated 2020-07-31T13:36:44Z
masukkan script iklan disini


PORTALTEBO.ID - Aksi penipuan melalui pesan singkat kembali lagi terjadi di Kabupaten Tebo. Tak tanggung-tanggung, kali ini nama Ketua DPRD Tebo, Mazlan dicatut pelaku untuk melancarkan aksinya.


Informasi ini diketahui setelah Ketua DPRD Tebo yang akrab disapa bang Mazlan memberikan keterangan langsung kepada awak media melalui Pesan WhatsApp, Jum'at (31/07/20). Hal itu dilakukan dia usai membaca berita daring PORTALTEBO.id  terkait aksi penipuan yang menggunakan nama Kadis PMPTSP KUKM Kabupaten Tebo.


"Sama saja, pagi ini terjadi sama Abang, Ada yang ngaku-ngaku Mazlan," kata dia melalui pesan WhatsApp kepada PORTALTEBO.id.


Ditanya siapa saja korban penipuan yang mencatut namanya itu? Mazlan mengatakan," ada beberapa orang staff kantor DPRD Tebo yang  dikirim pesan singkat, modusnya minta dikirim pulsa dan minta mentransfer sejumlah uang ke rekening bank BRI atas nama Nurdin tetapi tidak satupun mereka yang mentransfer, " katanya.


Muji salah satu Staff sekretariat DPRD Tebo saat dikonfirmasi juga membenarkan kejadian tersebut, " iya bener bang, saya malam tadi (Kamis, 30/07/20) sekitar jam 23.30 WIB menerima pesan singkat WhatsApp dari nomor baru yang mengaku Mazlan. Dia menanyakan kepada saya apakah punya E Banking, dan meminta saya untuk mentransfer uang sebesar Rp500 ribu ke rekening BRI atas nama Nurdin. Alasannya, ATM BCA milik dia lagi gangguan, namun dak saya kirim bang karena saya tau itu penipuan," kata Muji.


Diberitakan sebelumnya, modus penipuan mengatasnamakan pejabat di Kabupaten Tebo kembali terjadi, Kamis (30/07/2020). Kali ini pelaku mengaku sebagai bernama Alwis, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi dan UKM (PMPTSPKUKM) Kabupaten Tebo.


Salah seorang pegawai kantor PMPTSP KUKM Tebo, Dewi mengungkapkan, aksi penipuan ini berawal dari pesan singkat WhatsApp (WA) dari nomor yang tidak dikenal masuk ke nomor Ratih yang juga pegawai di kantor tersebut," pesan singkat masuk sekira pukul 22.14 WIB," kata Ratih.


Dalam pesan singkat tersebut, pemilik nomor mengaku bernama Alwis, Kepala Dinas PMPTSP KUKM Tebo. Dia meminta dikirimkan nomor kontak seluruh pegawai di PMPTSP KUKM," Karena foto profil pada WA tersebut menggunakan foto pak Alwis, jadi tanpa rasa curiga Ratih mengirimkan semua kontak rekan-rekan kantornya," kata Dewi.


Lanjut Dewi, selang berapa lama nomor tak dikenal tersebut mengirimkan pesan singkat melalui WA ke nomornya. Pada pesan singkat tersebut, pemilik nomor menanyakan apakah dia menggunakan E Banking atau tidak," dia (yang mengaku pak Alwis) mau numpang transfer sejumlah uang ke nomor rekening ke nomor rekening 572301020035535 An. Nurdin Bank BRI. Alasannya sangat mendesak dan dia tengah dalam perjalanan, dan besok pagi akan digantinya di kantor," terang Dewi. 


Mendapat pesan singkat tersebut, justru Dewi menaruh curiga. Dia langsung menghubungi beberapa kawan yang juga kerja di kantor PMPTSP KUKM Tebo," ternyata kawan-kawan dikantor juga menerima pesan dengan modus yang sama," uajrnya. 


Saat ditanya apakah sudah ada yang menjadi korban atas modus penipuan ini? Dewi menjawab," Alhamdulillah saya dan kawan-kawan lainnya tidak percaya dengan pesan WA itu, jadi kami tidak ada yang mentransferkan uang sesuai arahan pesan singkat tersebut," imbuhnya.


Terkait aksi penipuan ini, Kepala Dinas PMPTSP KUKM Kabupaten Tebo, Alwis belum bisa dikonfirmasi. Beberapa kali dihubungi via telepon seluler, nomornya lagi diluar jangkauan. (wan) 

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini