-->

Menu Bawah

Iklan

Meski Di Lokasi Terpencil Warga Disini Semangat Merayakan HUT RI Ke-75

17/08/20, 17:29 WIB Last Updated 2020-08-17T10:29:26Z
masukkan script iklan disini

PORTALTEBO.id - Anak-anak dan petani kopi di daerah Sanda, Dusun Sungai Tebal, Kec. Lembah Masurai, Kab. Merangin, Provinsi Jambi, Tampak khidmat dan semangat merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) Ke-75 yang jatuh pada hari ini, Senin 17 Agustus 2020.

Daerah Sanda dari pasar Sungai Tebal hanya bisa di capai dengan sepeda motor bahkan berjalan kaki. Hal itu di karenakan lokasi ini  berbatasan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) yang mana topografinya juga berbukit-bukit.

"Namun hal itu tidak mengurangi semangat ribuan keluarga untuk bertahan hidup di wilayah ini. Bahkan, Dusun Sungai Tebal saat ini sedang berproses menuju desa defenitif dari Desa sebelumnya Desa Dusun Tuo dan Desa Nilo Dingin, Kec. Lembah Masurai Kab. Merangin. Proses tersebut di tingkat kabupaten sudah dilakukan, diketahui dan disetujui" ujar Ahmad Azhari, Ketua Biro Polhukam Serikat Petani Indonesia (SPI) Jambi yang juga petani di wilayah setempat.

Selain di daerah Sanda, Semangat merayakan HUT RI Ke-75 juga terlihat pada Murid dan Guru di daerah Langas, Desa Sungai Karang, Kec. VII Koto Ilir, Kab. Tebo, Jambi. 

Perayaan kemerdekaan di daerah ini dilakukan di SD Negeri No.200/VIII, Lokal jauh dan SMP Negeri satu atap yang ada di lokasi setempat.

Selain mengibarkan Bendera Merah Putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Perayaan disini juga di isi dengan berbagai kegiatan seperti lomba cerdas cermat, merias lokal atau kelas, isi air dalam ember, lomba balap karung, kelereng, hingga perlombaan pembacaan Pancasila.

Dian, Salah satu anggota pasukan pengibar bendera mengatakan,  Dirinya merasa senang dan puas mengikuti upacara yang dilaksanakan hari ini. 

Dia berharap sekolah yang di bangun secara swadaya oleh masyarakat sejak 2011 ini semakin diperhatian oleh pemerintah.

Demikian juga Herman Sinaga selaku Guru Kepala di sekolah setempat. Menurut Herman, Saat ini sekolah di wilayah ini masih membutuhkan beberapa perlengkapan diantaranya perlengkapan untuk pengibar bendera dan perlengkapan permainan anak-anak di sekolah.

"Saya berharap kepada dinas terkait  supaya sekolah ini bisa berdiri sendiri," ujarnya.

Sarwadi, Ketua SPI Jambi mengatakan, Daerah Sanda dan Langas adalah contoh kampung agraria SPI Jambi dalam mendorong dan mewujudkan reforma agraria yang semangatnya termaktub dalam Nawa Cita Presiden Joko Widodo sejak periode awal hingga sekarang.

"Masih banyak cerita kampung-kampung agraria yang sudah terbangun yang mana kisah-kisah itu nanti akan dituliskan oleh petani atau anggota yang ada di basis masing-masing," Tutup Ketua SPI Jambi tersebut. (Yul/Wil)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini