-->

Menu Bawah

Iklan

Peduli SAD, Beli Gelang dan Kalung "Sebalik Sumpah" Anda Ikut Donasi

Portal Tebo
26/08/20, 18:34 WIB Last Updated 2020-08-26T17:42:36Z
masukkan script iklan disini

PORTALTEBO.id - Yayasan Orang Rimbo Kito (ORIK) punya gaya baru untuk mengangkat potensi dan kerajinan khas Suku Anak Dalam (SAD) yakni gelang dan kalung dari buah sebalik sumpah.

Sebagai lembaga yang fokus kegiatan pada pendampingan dan pemberdayaan SAD serta masyarakat sekitar, saat ini Yayasan ORIK menampung hasil kerajinan yang dibuat komunitas masyarakat adat ini dari buah-buahan hutan tersebut.

"Kerajinan (gelang dan kalung) SAD ini untuk kita dijual. Satu gelang seharga 35 ribu rupiah, satu kalung seharga 55 ribu rupiah," kata Ketua Yayasan Orang Rimbo Kito (ORIK), Ahmad Firdaus.


Setiap penjualan gelang atau kalung, kata Firdaus, sebesar Rp5000 langsung didonasikan ke Yayasan ORIK. Hasil donasi ini digunakan untuk kegiatan pendampingan dan pemberdayaan SAD serta masyarakat sekitar," jadi beli gelang atau kalung buah sebalik sumpah sama saja anda telah berdonasi untuk kegiatan kami (ORIK)," kata Firdaus lagi. 

Menurut pria berambut panjang ini, pendampingan dan pemberdayaan Suku Anak Dalam (SAD) perlu melibatkan banyak pihak. Pasalnya, SAD salah satu potensi yang dimiliki Provinsi Jambi namun masih kurang tersentuh.

Untuk itu, dia mengajak semua elemen masyarakat untuk sama-sama peduli terhadap keberadaan SAD," paling tidak ikut berdonasi dengan membeli gelang atau kalung sebalik sumpah," katanya dan menjelaskan penjualan gelang dan kalung sebalik sumpah ini bukan tujuan utama, namun untuk mengangkat potensi atau kerajinan SAD.

Firdaus menjelaskan, sebelik sumpah atau sebalik sumpah adalah jenis pohon keras yang menghasilkan buah-buahan. Buah ini dijadikan kerajinan tradisional oleh komunitas Suku Anak. 

Selain untuk perhiasan seperti gelang dan kalung, buah sebalik sumpah ini dipercaya oleh SAD dapat menangkal segala macam mahluk halus dan menolak bala.

Namun ada juga rumor mistis yang beredar jika memakai gelang atau kalung sebalik sumpah, bisa menolak semua jenis sumpah serapah dari orang yang berniat tidak baik kepada si pemakai gelang atau kalung.

"Semua rumor itu bisa benar bisa juga tidak, tergantung sama kitanya. Yang jelas gelang atau kalung sebalik sumpah ini selain nyaman dipakai juga memiliki keunikan tersendiri, karna buah ini sudah bisa dipastikan tidak memiliki zat kimia, dan yang terpenting lagi jika membeli gelang atau kalung ini anda telah ikut berdonasi dalam setiap kegiatan sosial yang kami pada SAD," pungkasnya. (red)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini