-->

Menu Bawah

Iklan

Siap Panen Raya Petani Padi di Wilayah Ini Sekali Panen Ribuan Ton

17/08/20, 13:10 WIB Last Updated 2020-08-17T06:10:27Z
masukkan script iklan disini

PORTALTEBO.id - Kegembiraan terlihat di wajah Yusuf Ali, Petani Dusun Sungai Labu, Desa Lagan Ulu, Kec. Geragai, Kab. Tanjab Timur, Jambi. Hal itu karena padi yang ditanamnya sebentar lagi sudah siap di panen.

Yusuf adalah petani yang tergabung dalam Serikat Petani Indonesia (SPI). Saat ini dirinya dipercaya menjabat Ketua Basis SPI di dusun atau desa setempat.

Di wilayah itu, Menurut Yusuf, 30 anggota SPI menggarap 25 hektar sawah yang saat ini sudah memasuki musim panen. 

Untuk mengantisipasi dari burung pemakan padi upaya yang dilakukan di kelompoknya saat ini sedang mempersiapkan alat penghalau burung.

Sementara di Desa Simpang Datuk, Kec. Nipah Panjang 50 orang anggota SPI menggarap 500 hektar yang sekali panen bisa menghasilkan 1.500 ton GKG (Gabah Kering Giling). 

"Ini musim panen ke dua setelah yang pertama di bulan April kemarin. Biasanya dalam setahun kami bisa tiga kali panen" Kata Ambo Irik, Ketua Basis SPI di Simpang Datuk (16/8/2020).

Ahya Ahadita, Selaku Ketua Cabang SPI di Kab. Tanjab Timur mengatakan, Daerah Tanjabtim pernah menjadi lumbung pangan untuk Jambi namun prestasi itu belakangan merosot karena ada petani yang beralih ke tanaman sawit atau yang lainnya.  

Menyempitnya areal persawahan juga disebabkan banyak masuknya perusahaan perkebunan sekalipun lahan itu lebih cocok difungsikan untuk areal persawahan atau tanaman pangan.

"Kami bertekad akan mengembalikan kejayaan itu dengan mengupayakan dan memohon penambahan areal persawahan melalui program reforma agraria atau program yang dicanangkan Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin sembari melakukan pendidikan atau pelatihan kepada petani mulai pra tanam hingga pasca panen agar hasil yang diperoleh menjadi lebih baik lagi" Harap Ketua SPI Tanjabtim tersebut (Ag/Wil)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini