-->

Menu Bawah

Iklan

VIRAL: Video Temenggung Ngadap Pimpin Upacara Bendera di Tengah Hutan

Portal Tebo
21/08/20, 21:26 WIB Last Updated 2020-08-21T14:29:52Z
masukkan script iklan disini

PORTALTEBO.id - Sebuah video upacara HUT ke-75 Republik Indonesia yang digelar warga Suku Anak Dalam (SAD) kelompok Temenggung Ngadap di Hutan Adat Sungkai Lubuk, Desa Tanah Garo, Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo, viral.

Video yang diupload di you tube oleh akun Orik Jambi ini, terlihat Temenggung Ngadap bertindak sebagai pemimpin upacara.

Meski dilaksanakan di tengah hutan, upacara, dilakukan seperti pada umumnya, mulai dari pengibaran Bendera Merah Putih, pembacaan Pancasila, pembacaan dan Undang-undang Dasar 1945, dan pembacaan Teks Proklamasi.

Dalam amanatnya, Temenggung Ngadap secara tegas mengajak seluruh rakyatnya bersatu mempertahankan hutan tempat hidup mereka.

Pasalnya, kata Temenggung, kalau hutan habis dimana lagi tempat hidup anak cucu nantinya. 

Sejak nenek moyang kita, lanjut Temenggung, tumpah darah kita dalam rimbo (hutan), bukan dalam kota. Jadi kita harus pertahankan hutan tanah kita, Hutan Adat Sungkai Lubuk Dalam ini. 

"Hutan ini bukan punya kita sendiri, sama-sama kita menjaga Hutan Sungkai jangan sampai diserobot orang," kata Temenggung.

Temenggung Ngadap juga berpesan walaupun nanti dirinya sudah meninggal dunia, hutan harus tetap dijaga demi anak cucu nanti.

Diketahui, Suku Anak Dalam (SAD) kelompok Temenggung Ngadap Desa Tanah Garo Kecamatan Muara Tabir Kabupaten Tebo - Jambi, merupakan dampingan Yayasan Orang Rimbo Kito (Orik). (red) 
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini