-->

Menu Bawah

Iklan

Cegah Karhutla Babinsa Patroli Di Perkebunan Warga

Redaksi
18/10/20, 08:57 WIB Last Updated 2020-10-18T01:57:30Z
masukkan script iklan disini

 



PORTALTEBO.ID, MERANGIN - Patroli ini merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh Babinsa Koramil 40-06/Muara Siau Kodim 0420/Sarko Serda Alhusen Harahap bertujuan untuk mencegah terjadinya peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah tersebut. 

Hari ini kita kembali melaksanakan patroli untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di desa Rantau Bidaro Kecamatan Muara Siau Merangin.Minggu.(18/10/2020)

Jalur patroli ini sendiri meliputi perkebunan warga setempat yang berbatasan langsung dengan hutan, dan hutan–hutan yang dianggap rawan terjadi karhutla. Selama pelaksanaan patroli turut dilakukan sosialisasi kepada warga yang sedang melakukan aktivitas dikebun agar tidak melakukan pembakaran lahan yang biasa dilakukan petani untuk membuka lahan pertanian baru. 

Serda Alhusen Harahap dan rekannya mengajak warga agar ikut serta berpartisipasi mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Salah satu yang ditekankan adalah tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

“Setiap pelaksanaan patroli kita turut mengajak warga setempat agar ikut berpartisipasi mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan selain itu pula warga yang ikut patroli karhutla digunakan sebagai penunjuk arah, dan sumber informasi.

Salah satu upaya yang harus kita lakukan adalah memastikan warga tidak membuka lahan dengan cara dibakar, ini penting dilakukan demi kebaikan bersama. Karena efek dari pembakaran lahan di musim panas akan berdampak negatif.

Seperti rusaknya ekosistem dan musnahnya flora dan fauna yang tumbuh dan hidup di hutan. Asap yang ditimbulkan juga menjadi polusi udara yang dapat menyebabkan penyakit pada saluran pernafasan seperti Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), asma, penyakit paru obstruktif kronik bagi manusia itu sendiri.

Serda Alhusen Harahap juga  menghimbau kepada masyarakat bahwa ketika musim kemarau dengan volume angin yang kencang, sebaiknya jangan sembarangan melakukan pembakaran dan tidak membuang puntung rokok pada rumput/semak kering."ucapnya(mcdim0420sarko).

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini