-->

Menu Bawah

Iklan

Pengurus Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia Cabang Tebo Resmi Dikukuhkan

Portal Tebo
28/11/20, 18:12 WIB Last Updated 2020-11-28T11:22:34Z
masukkan script iklan disini


PORTALTEBO.id - Sebanyak 23 orang Pengurus Cabang Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Tebo resmi dikukuhkan oleh Pembina PPBI Provinsi Jambi, Viktor Handoko, Selasa (28/11/2020). Pengukuhan ini berlangsung di Sekretariat PPBI Tebo, jalan H. Kemeng RT.03/06 Kelurahan Tebing Tinggi kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo, Jambi. 

Pengukuhan yang dibarengi pameran, pelatihan membentuk dan merawat bonsai tersebut, diharapkan bisa lebih mengembangkan kreativitas pehobi bonsai.


Viktor Handoko saat ditemui PORTALTEBO.id mengatakan, dengan terbentuknya Pengurus PPBI Cabang Tebo nantinya bisa mengembangkan dan mempererat silaturahmi sesama pecinta bonsai. Dan melalui wadah ini pula karya-karya seni yang diciptakan oleh para pencinta bonsai semakin beragam.


"Kegiatan ini bukan hanya pengukuhan pengurus cabang Tebo saja, namun sekaligus mengadakan pelatihan merangkai dan membentuk Bonsai yang dilatih langsung oleh instruktur PPBI Jambi Raya, ya mudah-mudahan melalui pelatihan singkat ini menambah wawasan dan pengetahuan anggota PPBI Tebo dalam membuat karya seni membonsai" ujarnya.




Dikatakan Handoko, semua jenis tanaman yang berakar tunggal dan berbatang keras bisa dijadikan karya, "ini lah yang membuat seni membonsai ini sangat unik dan perlu kesabaran serta keahlian khusus untuk merangkai dan membentuk satu tanaman yang akan dijadikan Bonsai," kata dia.


Diakui Handoko, dibutuhkan waktu setengah hari untuk merakit tanaman menjadi Bonsai, dan setelah jadi memerlukan proses perawatan yang khusus salah satu nya mengganti media tanam seperti pasir dan sekam serta cocovid (sabut kelapa yang dihancurkan). Agar tanaman itu tetap terjaga meski harus harus disiram secara rutin.


Ditempat yang sama, Ketua PPBI Cabang Tebo yang baru dilantik, Oni Suryono mengucapkan terima kasih kepada pembina PPBI Jambi yang telah mengukuhkan kepengurusan PPBI Tebo. Apalagi kata dia, usai pengukuhan dilanjutkan dengan pelatihan merakit bonsai. 


"ini sangat mengedukasi. Terus berbonsai, dengan ini imajinasi tanpa batas," kata Oni. (wan) 

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini