-->

Menu Bawah

Iklan

Seluruh Kepala Desa di Tebo Tanda Tangani Pakta Integritas

Portal Tebo
03/11/20, 17:03 WIB Last Updated 2020-11-03T10:03:47Z
masukkan script iklan disini


PORTALTEBO.id - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tebo, Imron Yusup, SH.MH memberikan penyuluhan hukum kepada para Kepala Desa (Kades) dalam wilayah Kabupaten Tebo. Penyuluhan hukum berlangsung di aula utama Kantor Kejari Tebo, Selasa (03/11/2020)..


Dihadapan para Kades, Imran Yusuf mengatakan, sebagai penegak hukum pihaknya akan membuka ruang konsultasi hukum bagi para Kades. Hal ini sesuai dengan petunjuk dari Kepala Kejaksaan Agung.


Dikatakanya, kejaksaan saat ini telah mengubah paradigma yakni terbuka kepada masyarakat tanpa disertai biaya apapun, termasuk pengawalan bila dibutuhkan.


Sebagai pelaksana administrasi negara menurut dia, maka pertanggungjawaban sesuai adminitrasi harus dilakukan para Kades setelah menyelesaikan semua kegiatan dalam penggunaan dana desa.


" Kuncinya pada diri kita sendiri. Bila administrasinya benar maka hampir dipastikan tidak akan ada penyalahgunaan anggaran dalam hal ini dana desa," katanya.


Pada kesempatan itu, Imran Yusuf mengingatkan para kades untuk tidak memberikan peluang kepada oknum siapapun yang menginterfeksi kinerja kades, apalagi melakukan pemerasan," Sebagai pimpinan dan jajaran mari kita buat komitmen. Tapi, kalau ada yang mencoba, jangan salahkan semua lembaga penegak hukum pemerintah," tegasnya. 


Sementara, Kepala Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tebo melalui Sekretaris, Malik mengakui sebuah keuntungan bagi para Kades bisa berkoordinasi langsung dengan Kajari Tebo dalam penggunaan anggaran desa. Dia mengakui ada insiden Kades yang tersentuh hukum lantaran salah menggunakan anggaran, dan itu dijadikan pengelaman untuk semua. 


Untuk menghindari kesalahan,  bila terjadi persoalan di desa, saya minta Kades segera ber koordinasi dengan penegak hukum. Jangan mendiamkan diri dan erharap persoalan tidak mencuat ke publik dan akhirnya membuat tidak nyaman," katanya. 


Pantauan media ini, selama kegiatan berlangsung, semua  yang hadir tetap mengikuti protokol kesehatan. Usai kegiatan seluruh kades yang hadir menandatangani pakta integritas untuk tidak melakukan tindakan korupsi dana desa. (red)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini