-->

Menu Bawah

Iklan

Sungai Grojogan Potensi Baru Wisata Desa Lubuk Mandarsyah

Portal Tebo
25/11/20, 23:17 WIB Last Updated 2020-11-25T17:00:47Z
masukkan script iklan disini


PORTALTEBO.id - Desa Lubuk Mandarsyah Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo, Jambi ternyata menyimpan pesona alam yang sangat berpotensi sebagai destinasi wisata. Sala satunya Sungai Grojogan yang terletak persis di jalan Suka Damai RT.08 Dusun Tanjung Beringin di desa tersebut. 


Belakangan ini, keberadaan sungai ini Viral di dunia Maya dan menjadi salah satu pilihan masyarakat sekitar untuk berwisata di masa pandemi ini.


Saat Team DPD LP2LH Tebo, KPS Elang Melayu, ORIK yang tergabung dalam Forum Komunikasi Daerah Aliran Sungai (Fordas) Kabupaten Tebo mendatangi langsung kelokasi sungai tersebut, Rabu (25/11/2020), tim melihat potensi yang bisa diangkat karena kondisi sungai masih terasa alami dan asri.


Tak selang berapa lama team berada di lokasi, Robi ketua RT.08 Dusun Tanjung Beringin Desa Lubuk Mandarsyah datang bersama salah satu tokoh masyarakat untuk menemani rombongan Fordas Tebo.


Saat dialog dengan rombongan Fordas Tebo dan ditanya tentang sejak kapan Sungai Grojokan ini mulai ramai pengunjung, Robi berkata, "sejak habis Lebaran Idul Fitri kemarin, " katanya.


Diakui Robi, ramainya pengunjung yang datang ke sungai itu diawali oleh postingan salah satu warga yang pertama kali main kesitu. Warga tersebut memposting beberapa dokumen ke melalui media sosial hingga akhirnya pengunjung mulai berbondong bondong berdatangan," pernah pengunjung mencapai 500 motor perhari nya, " ungkap Robi.


Diakui Robi, memang akses menuju lokasi masih jalan tanah, dan ketika hujan jalan licin. Saat ini kata dia, potensi sungai masih dikelola secara mandiri oleh warga jalur (jalan.red) Suka Damai Dusun Tanjung Beringin Desa Lubuk Mandarsyah.


"Kami pernah berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Desa Lubuk Mandarsyah meminta petunjuk dan arahan serta meminta sungai ini menjadi potensi wisata, dan dikelola oleh Bumdes setempat, namun karena terkendala masalah anggaran akhirnya pihak Desa mengarahkan untuk sementara waktu menyerahkan pengelolaannya kepada RT.08, " kata Robi lagi.


Dilain kesempatan, Hary Irawan Ketua DPD LP2H Tebo yang tergabung dalam rombongan Fordas Tebo berpesan agar menjaga keasrian alam dan sungai Grojogan ini," untuk sementara tidak apa-apa jika RT.08 yang mengelola,namun hal ini tetap akan kita sampaikan kepada Ketua Fordas Tebo, apakah nanti melalui Forum akan kita dorong pihak Desa Lubuk Mandarsyah untuk menjadikan sungai Grojogan menjadi salah satu icon potensi wisata di Lubuk Mandarsyah," katanya. (wan) 



Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini