-->

Menu Bawah

Iklan

Tanggap Dengan Situasi Dan Peduli Lingkungan, Itulah Yang Harus Di Ingat Serta Di Pahami Oleh Warga Dalam Mendukung Serta Berpartisipasi Upaya Pelestarian Hutan

Redaksi
01/11/20, 10:47 WIB Last Updated 2020-11-01T03:47:41Z
masukkan script iklan disini


 

PIRTALTEBO.ID, SAROLANGUN - Kopda Toni Kusnadi Babinsa Koramil 420-01/Batang Asai Kodim 0420/Sarko, melaksanakan silaturahmi dengan masyarakat desa binaanya sebelum melaksanakan patroli kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah desa binaannya tepatnya di Desa Batu Empang Kecamatan Batang Asai Kabupaten Sarolangun.Minggu(1/11/2020).


Tanggap dengan situasi dan peduli lingkungan, itulah yang harus di ingat dan di pahami oleh warga dalam mendukung serta berpartisipasi upaya pelestarian hutan, telebih-lebih saat sekarang dengan cuaca yang tidak menentu, seperti kita ketahui angin kencang di sertai dengan hujan, dan panas yang menyengat.


Inilah yang harus di pedomani masyarakat dalam ikut serta mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan yang ada di desa.



Selain patroli menyususri hutan dan lahan perkebunan warga, Kopda Toni Kusnadi juga aktif mensosialisasikan kepada warganya tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan.


Babinsa menerangkan kepada warga seperti tidak menebang atau merusak hutan secara liar, membakar hutan dan lahan guna membuka atau membuat perkebunan, hal ini harus di mengerti, karena akan menyebabkan timbulnya kebakaran hutan dan lahan yang luas, selain merugikan diri sendiri, kebakaran juga berdampak merugikan semua pihak, dan ini merusak keaslian hutan.


Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, di lakukanlah pengecekan ke wilayah atau area hutan dan lahan dengan rutin melalui patroli Babinsa dengan selalu melibatkan masyarakat, dengan patroli sehingga dapat mendeteksi dini kondisi dengan sigap dan cepat.


Kopda Toni Kusnadi juga menghimbau ke warga binaannya, siapa pun yang melihat ada oknum/warga yang sengaja membakar lahan agar melaporkan ke pihak yang berwajib atau dengan perakat desa, perlu di ketahuai juga oleh masyarakat, siapa pun yang melakukan dengan sengajaan ataupun tidak sengaja membakar hutan dan lahan akan di proses sesuai hukum yang berlaku.


Kami merasa sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan tersebut, sehingga kami di desa sadar akan penting pelestarian hutan, ungkap Bapak Candra salah seorang warga yang ikut dalam patroli Babinsa menyusuri hutan.(mcdim0420sarko).

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini