-->

Menu Bawah

Iklan

Belum Pernah Menyampaikan RAT, Ternyata Koperasi Teriti Jaya Juga Belum Memiliki NIK

Portal Tebo
03/02/21, 11:32 WIB Last Updated 2021-02-03T04:32:59Z
masukkan script iklan disini


PORTALTEBO.id - Koperasi Teriti Jaya yang terbentuk sejak 29 Februari 2016  bergerak dalam usaha pemanfaatan hasil hutan kayu pada hutan tanaman rakyat disinyalir tidak melaksanakan kewajibannya kepada pemerintah. Koperasi yang  telah mengantongi izin dari kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan nomor SK.2887/MENLHK pada tahun 2018 seluas lebih kurang 2,516 Ha tersebut, disinyalir hingga saat ini belum menyerahkan risalah Hasil Rapat Anggota Tahunan (RAT). Ini dikatakan langsung oleh Kabid Koperasi Dinas PMPTSP Kabupaten Tebo, Iswandi saat memberikan keterangan pada rapat mediasi antara pihak Koperasi dengan masyarakat Desa Teluk Langkap dan Desa Suo Suo Kecamatan Sumay di ruangan Banggar DPRD Tebo pada Selasa, (02/02/21) kemarin.


Diakui Iswandi, Koperasi Teriti Jaya yang berdiri sejak tahun 2016 ini belum pernah menyampaikan Risalah Hasil Rapat Anggota Tahunan (RAT) kepada pemerintah daerah melalui Dinas PMPTSP Kabupaten Tebo, dan sesuai dengan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM nomor 19 tahun 2015 pasal 20 huruf D yang menyatakan bahwa apabila koperasi selama 2 tahun berturut-turut tidak melakukan Rapat Anggota Tahunan dapat diusulkan bubar.


"Ini sudah tahun 2021, dan sampai hari ini kami belum menerima laporan risalah RAT,dan menurut kami ini sudah layak untuk diberikan surat teguran dan diusulkan bubar," cetus Iswandi.


Selain itu kata Iswandi, koperasi Teriti Jaya belum mempunyai Nomor Induk Koperasi (NIK) dan tidak terdaftar di Kementerian. "Untuk diketahui, NIK tersebut kita yang mengusulkan ketika Koperasi sudah melaksanakan RAT, kami lihat ini sudah bagus, legalitasnya sudah sesuai, namun koperasi juga harus menjalankan kewajiban mereka sesuai dengan aturan,dan kami juga harus melaksanakan fungsi pengawasan terhadap kegiatan koperasi yang ada di Kabupaten Tebo," katanya. (red) 

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini