-->

Menu Bawah

Iklan

Kelurahan Sungai Bengkal Dijadikan Kampung Tangguh Pangan “Siginjai”

17/02/21, 09:56 WIB Last Updated 2021-02-17T02:57:57Z
masukkan script iklan disini


PORTALTEBO.id – Program Kampung Tangguh di Kecamatan Tebo Ilir Kabupaten Tebo sertinya sudah mulai diimplementasikan. Ini terlihat saat dilaksanakannya launching Kampung Tangguh Siginjai di RT 02 Rw 04 Air Mancur Kelurahan Sungai Bengkal, Selasa (16/02/21). Hal ini diakui oleh Lurah Sungai Bengkal, Eko Wahyudi, Am.Kep.

Dikatakanya, program Kampung Tangguh Siginjai guna untuk mendukung produktifitas masyarakat dalam berbagai sector dimasa pandemic Covid-19. tujuan program ini adalah untuk mendukung masyarakat Tangguh secara ekonomi dalam ketahanan pangan dan keamanan, khususnya masyarakat Kelurahan Sungai Bengkal.


“Alhamdulillah, atas kordinasi yang baik dengan lintas sectoral, akhirnya Kampung Tangguh Pangan Siginjai rampung terbentuk. Dan hari ini sudah kita resmikan,” kata Eko.


Dikatakan Eko, Pembentukan Kampung Tangguh Pangan ini melibatkan kelompok tani Rimbo Pulai 1. Pada kegiatan ini, lahan seluas 2 hektar milik kelompok tani tersebut akan menjadi lokasi edukasi sebagai upaya peningkatan kapasitas sumberdaya manusia yang terampil serta mandiri.


Eko bilang, lahan tersebut nantinya akan diolah dengan ditanami berbagai jenis tanaman pertanian. Selain itu, dilahan tersebut juga akan dikembangkan peternakan kambing, sapi dan ikan,” jadi nantinya sistim pertanian yang dilakukan tidak lagi mengunakan pupuk kimia, tapi mengunakan pupuk organic olahan dari kotoran ternak kambing dan sapi,” kata dia lagi.


Pada kegiatan tersebut, lanjut Eko, unsur Forkopincam Tebo Ilir memberikan bantuan kepada Kelompok Tani Rimbo Pulai 1 berupa 6 paket bibit sayuran diantaranya, bibit cabe, bibit terong dan bibit kacang,” lahamdulillah, semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan oleh kelompok tani seoptimal mungkin demi mensukseskan program ketahanan pangan sesuai dengan program Kampung Tanggung Pangan Siginjai,” ujarnya.


Pembentukan Kampung Tangguh Pangan Siginjai ini direspon positif oleh Kapolsek Tebo Ilir, Iptu Fernando Gultom SH. Dia menghimbau kepada seluruh masyarakat dan kelompok tani yang berada di wilayah Kecamatan Tebo Ilir agar dapat mengikuti  jejak Poktan Rimbo pulai 1. Hal ini demi untuk menunjang ekonomi disaat pandemi Covid-19. “Ini harus diapresiasi dan didukung bersama. Mudah-mudahan dengan terbentukanya Kampung Tangguh Pangan Siginjai ini mampu membawa masyarakat kita menjadi menjadi masyarakat yang Tangguh,” katanya.


Sementara, Camat Tebo Ilir, M.Habibie, ST.ME kepada media ini juga berharap melalui kegiatan ini nantinya masyarakat memiliki kemandirian dalam menunjang ekonomi kelompok maupun ekonomi keluarga,” Kita berharap dengan adanya Kampung Tanggguh Pangan ini dapat memenuhi kebutuhan hidup masyarakat kita ditengah pandemi Covid-19 saat ini,” kata Habibie.


Pantauan PORTALTEBO.id, selain dihadiri langsung oleh unsur Forkompincam Tebo Ilir, launching Kampung Tangguh ini juga dihadiri oleh Kapuskesmas Sungai Bengkal, Lurah Sungai Bengkal, Kepala Penyuluh Pertanian, Imam Masjid Sungai Bengkal, Tokoh Masyarakat Kelurahan Sungai Bengkal dan para undangan lainnya. (wan)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini