-->

Menu Bawah

Iklan


Koperasi Teriti Jaya Diduga Manipulasi 205 Data Nama Anggota

Portal Tebo
04/02/21, 16:03 WIB Last Updated 2021-02-05T10:34:26Z
masukkan script iklan disini


PORTALTEBO.id - Warga dua desa yakni desa Teluk Langkap dan desa Suo-Suo Kecamatan Sumay melaporkan koperasi Teriti Jaya ke DPRD Tebo. Laporan warga ini terkait dugaan bahwa koperasi tersebut menggusur lahan garapan masyarakat. Tidak itu saja, warga juga menduga jika koperasi tersebut melakukan manipulasi data nama anggota. 


Hal ini diungkapkan oleh Kepala Desa Teluk Langkap, Sukandi usai rapat mediasi antara warga dan pihak koperasi Teriti Jaya, di ruangan banggar DPRD Tebo, Selasa (02/02/21).


Dari hasil crosscek kata Sukandi, ada sekitar 205 nama-nama anggota yang tercantum dalam akta notaris dan SK IUPHHK koperasi Teriti Jaya, ternyata tidak ada yang menggarap lahan di area izin koperasi.


Lanjut Sukandi, selain diduga memanipulasi data nama-nama anggota, pihak koperasi yang saat ini bermitra dengan PT.Wira Karya Sakti (PT.WKS) juga melakukan penggusuran lahan garapan masyarakat yang sudah produktif menggunakan alat berat," ini yang membuat kemarahan masyarakat atas tindakan yang dilakukan oleh pihak Koperasi," ketus Sukandi. 


Kejadian ini, lanjut Sukandi, sudah berlangsung sejak tahun 2019 lalu. Sebelumnya kata dia, upaya mediasi sudah dilakukan di kantor camat yang dihadiri langsung oleh Kapolsek Sumay. 


"Dalam mediasi sudah ada kesepakatan, namun tidak diindahkan. Puncaknya beberapa minggu yang lalu, dimana alat berat kembali masuk menggusur lahan garapan masyarakat," tegas Kades.


Saat ditanya berapa luas lahan yang telah digusur koperasi Teriti Jaya, dia menjawab," jika dihitung keseluruhan termasuk ada sekitar kurang lebih 100 Ha lebih bang," pungkasya. (wan/red)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini