-->

Menu Bawah

Iklan


Koperasi Teriti Jaya Diduga Serobot Lahan Warga

Portal Tebo
03/02/21, 11:17 WIB Last Updated 2021-02-03T04:17:42Z
masukkan script iklan disini

 


PORTALTEBO.id
- Koperasi Teriti Jaya dilaporkan oleh masyarakat Desa Suo-Suo dan Desa Teluk Langkap melalui surat resmi yang ditandatangani oleh Kepala Desa masing-masing ke DPRD Kabupaten Teb, pada tanggal 11 Januari 2020 lalu, atas dugaan menggusur lahan masyarakat yang sudah produktif.


Menyikapi persoalan ini, DPRD Kabupaten Tebo memanggil para pihak yang sedang berkonflik untuk mendengarkan  permasalahan dari kedua belah pihak di ruangan banggar DPRD Tebo, Selasa (02/02/2021).


Kepala Desa Teluk Langkap,Sukandi di depan Anggota DPRD yang hadir mengatakan, pihak Koperasi Teriti Jaya yang diketahui bermitra dengan PT. Wira Karya Sakti (WKS) diduga sudah menggusur lahan masyarakat yang sudah produktif. Hal ini yang memicu konflik masyarakat dengan koperasi," Kami meminta lahan yang sudah dirusak oleh Koperasi diganti rugi, kami punya bukti rekamannya," kata dia. 


Menurut Kades, ada sekitar 595,034 Ha lahan masyarakat yang masuk kedalam izin koperasi. Sebaiknya kata dia, lahan tersebut dikeluarkan dari izin koperasi.


Selanjutnya, dia minta dilakukan pemangkasan anggota koperasi karena kepengurusan koperasi tersebut tidak jelas, dan diduga tidak sesuai prosedur dan terbukti memanipulasi data masyarakat yang tergabung dalam keanggotaan koperasi.


Dilain kesempatan itu, Kabid Koperasi Dinas PMPTSP Kabupaten Tebo,Iswandi yang turut hadir menerangkan bahwa, semenjak berdiri dari tahun 2016 yang lalu, sampai hari ini Koperasi Teriti jaya tidak pernah menyampaikan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan tidak mempunyai Nomor Induk Koperasi (NIK). 


Pertemuan tersebut sempat diwarnai dengan memuncak nya emosi salah satu anggota DPRD Tebo Fraksi Demokrat H.Fachrudin Al Rozi ( H.Citra ), pasalnya keterangan yang diberikan oleh pihak KPHP Tebo Timur H.Sumarjo menyikapi persoalan ini dianggap nya memihak kepada Koperasi,namun hal tersebut segera mereda setelah ditengahi oleh Mazlan selaku pimpinan rapat.


Dari pantauan media dilapangan, akhirnya diputuskan kesepakatan bersama yang dituangkan dalam Berita Acara Hasil Rapat dengan beberapa Point diantara nya : 


a. Kades Suo-Suo, Kades Teluk Langkap dan Kades Teriti memfasilitasi untuk membentuk kelompok tani sesuai hak penggarapan lahan dan berapa luas tanah, agar nantinya bisa tetapkan untuk menjadi anggota koperasi Teriti Jaya;


b. Bahwa perlu rapat Koperasi dengan anggota koperasi dan melakukan inventarisir lahan anggota oleh Kades Suo-Suo, Kades Teluk Langkap dan Kades Teriti sesuai kesepakatan masyarakat 3 Desa terkait untuk menjadi keanggotaan koperasi;


c. Diharapkan pihak Koperasi segera melakukan rapat dengan anggota koperasi untuk membahas kerja sama;


d. Masalah lahan yang digarap tanpa penyerahan penggarap lahan dapat diselesaikan ditingkat Desa;


e. Sebelum permasalahan persengketaan antara anggota dengan koperasi, maka tidak ada kegiatan penggarapan dilahan yang bersengketa


Dalam rapat tersebut juga dihadiri,Wakil Ketua DPRD Tebo Aivandri,Beberapa Anggota Komisi II DPRD Tebo,KPHP Tebo Timur,Camat Sumay,Kabid Koperasi Dinas PMPTSP, Perwakilan dari PT.WKS. (wan) 

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini