-->

Menu Bawah

Iklan

Pelatihan Jurnalis Dasar Diikuti Pelajar di Tebo

Portal Tebo
27/02/21, 21:02 WIB Last Updated 2021-02-27T14:20:04Z
masukkan script iklan disini


PORTALTEBO.id
- Yayasan Orang Rimbo Kito (ORIK) bersama media online PORTALTEBO.id menggelar pelatihan dasar menulis (pelatihan jurnalis dasar), Sabtu (27/02/2021).


Pelatihan yang melibatkan sejumlah organisasi dan pelajar ini dilaksanakan selama dua hari di sekretariat ORIK, simpang Limo Kota Tebo.


Ketua pelaksana yang juga Ketua Yayasan ORIK, Ahmad Firdaus mengatakan, ada dua lembaga dan dua media siber yang terlibat dalam pelatihan ini yakni, Lembaga Pemantau Penyelamat Lingkungan Hidup (LP2LH), Perkumpulan Patani Pemayongan Mandiri (PPPM), detail.id dan PORTALTEBO.id," Kalo pelajar yang ikut pelatihan dari SMAN 3 Tebo, SMAN 10 Tebo dan MAN 2 Tebo," kata Firdaus dan menjelaskan jika masing-masing sekolah mengutus dua orang siswanya pada pelatihan ini. 


Dengan adanya pelatihan ini, kata Firdaus, diharapkan dapat melahirkan bibit dan bekal bagi calon jurnalis handal di era digital," Tentunya dengan kemampuan menyampaikan berita dan informasi yang baik dan benar, sekaligus mengedukasi masyarakat," kata Firdaus lagi. 


Menurut dia, jurnalis tidak hanya menyampaikan berita, namun merupakan media penyampaian pendapat, kritik, dan saran untuk memperbaiki kehidupan serta meningkatkan kinerja pemerintah, masyarakat bangsa dan negara.


"Kalo untuk ORIK, LP2LH dan PPPM, usai pelatihan ini saya harapkan bisa menulis konsep-konsen program lebih baik lagi," ujarnya. 


Untuk itu, Firdaus mengingatkan kepada para peserta agar mengikuti pelatihan ini dengan serius," kita segaja mendatangkan tutor dari Jambi. Jangan sia-siakan kesempatan ini," kata dia.


Diketahui, tutor pelatihan dasar jurnalis ini adalah Pemimpin Umum/Pemimpin Perusahaan detail.id, Jogi Sirait. 


Saat pelatihan, mantan Kepala Biro Jambi Gatra Media Group ini menyampaikan bahwa menulis itu sangat mudah, sama mudahnya dengan bicara," kalau tak bisa menulis, bicara lalu rekam kemudian tulis hasilnya," kata wartawan senior lingkungan ini. 


Jogi berkata, yang dibutuhkan dalam menulis adalah rasa ingin tahu, berani, kemauan, dan ketrampilan (latihan)," menulis itu ibarat bikin rumah. Ada rumah bambu, dibuat sehari selesai. Ada rumah dari batubata dan genteng, mungkin perlu waktu sebulan.  Ada juga rumah bertingkat dari beton, butuh waktu setahun. Jadi naskah mana yang hendak anda bangun? Naskah rumah bambu? Naskah rumah beton? Atau naskah gedung pencakar langit? " katanya lagi. 


Selanjutnya, Jogi menyampaikan bagaimana cara memulai menulis, unsur utama dalam penulisan dan prinsip-prinsip menulis," setelah materi pertama ini kita lanjutkan dengan praktek," ucapnya. 


Pantauan PORTALTEBO.id, usai menerima materi pertama pelatihan, para peserta langsung melakukan peliputan di sekitar Taman Tugu Simpang Limo Kota Tebo. Selanjutnya para peserta menulis naskah liputan. 


Pada akhir pelatihan hari pertama ini, satu persatu peserta memaparkan hasil liputan dan langsung dikoreksi oleh tutor dan peserta lainnya. (red)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini