-->

Menu Bawah

Iklan

Sampah Berserakan, DLH Tebo Salahkan Masyarakat

Portal Tebo
28/02/21, 12:47 WIB Last Updated 2021-02-28T05:53:29Z
masukkan script iklan disini


PORTALTEBO.id - Keindahan Kota Tebo sangat terganggu dengan tumpukan sampah yang berserakan di sepanjang jalan jalur dua jalan lintas Tebo – Bungo, tepatnya di Kilometer 3 Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Tebo Tengah.


Salah seorang warga setempat, sebut saja namanya Melati mengaku sering membuang sampah di pinggir jalan. “tidak ada tempat sampah yang disiapkan,” kata Melati, Minggu pagi (28/02/2021). Padahal katanya, dulu sempat ada tempat sampah namun sekarang sudah tidak ada lagi.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tebo, Eko Putra justru menyalahkan perilaku masyarakat. “ini akibat kurangnya kesadaran masyarakat sendiri dalam mematuhi imbauan. Kita telah memberi imbauan agar masyarakat membuang sampah ke Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPSS) terdekat,” kata Eko dikonfirmasi melalui telepon genggam.


Anehnya, Eko mengakui bahwa pihaknya masih kekurangan anggaran dalam pembuatan TPSS. Eko justru tengah mempersiapkan Peraturan Daerah (Perda) tentang sampah. “Draft Perda sudah selesai, tinggal menunggu pengesahan. Mudah-mudahan tahun 2021 ini rampung,” ujarnya.


Kalau Eko menyalahkan masyarakat, sebaliknya Ketua Lembaga Pemantau Penyelamat Lingkungan Hidup (LP2LH) Tebo, Hary Irawan Prihantono malah menyalahkan Eko. “Ini semua gara-gara tidak adanya sosialisasi yang dilakukan DLH Tebo terhadap masyarakat,” kata Hary.


Semestinya menurut Hary, DLH Tebo harus menyiapkan tempat-tempat sampah kecil di sepanjang jalur dua agar sampah tidak berserakan di pinggir jalan.


"Jangan hanya beralasan kekurangan anggaran. Itu alasan klasik," kata dia.


Seperti yang kita ketahui, sampah memang sudah menjadi masalah besar dalam kehidupan masyarakat. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 yang mengatur tentang Pengelolaan Sampah dan Penerapan Sanksi. (fir)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini