-->

Menu Bawah

Iklan

Aktivitas Tobong di Jalan 6 Desa Perintis Dikeluhkan Warga

Portal Tebo
15/03/21, 09:53 WIB Last Updated 2021-03-15T02:53:41Z
masukkan script iklan disini


PORTALTEBO.id - Aktivitas produksi arang dengan cara dibakar mengunakan perangkat tobong di jalan 6 RT.08 Desa Perintis, Kecamatan Rimbo Bujang, Kabupaten Tebo, sangat meresahkan warga sekitar. Pasalnya, asap dari aktivitas Tobong tersebut diduga telah mencemari udara dan dirasakan sudah sangat menganggu pernapasan. 


Salah seorang warga jalan 6 Desa Perintis, Rubawi (38), mengaku sering sesak napas akibat udara yang dihirup telah bercampur asap dari aktivitas Tobong. Biasanya kondisi asap terparah sekitar 22.00 Wib. 


"Kalau sudah malam, asap Tobong sampai masuk ke dalam rumah kami pak. Tentunya kami sangat sulit untuk menghirup udara. Kami sering mengalami batuk hingga mengeluarkan dahak, anak saya pun juga sering batuk-batuk," ungkap Rubawi saat ditemui PORTALTEBO.id di rumahnya, Minggu malam (14/03/2021).


Rubawi berkata jika kondisi ini telah dilaporkannya kepada Ketua RT.08 dan Kepala Desa (Kades) Perintis. Kades kata dia, bersama Babinsa dan Bhabinkamtibnas telah berupaya memediaasikan dengan pemilik Tobong yang diketahui adalah warga jalan 8 Desa Perintis," Mediasi sudah dilakukan di rumah pak RT, tapi sampai sekarang belum juga ada solusinya, Tobong tetap saja beraktivitas," kata dia. 


Hal ini dibenarkan Ketua RT.08 Jalan 6 Desa Perintis, Ahmad Kholik. Dia mengaku sudah banyak warga yang mengeluhkan aktivitas Tobong tersebut, dan hal itu sudah disampaikan kepada Kades Perintis. "Iya, sudah banyak warga yang melapor dan sudah saya sampaikan kepada pak Kades," kata Ahmad Kholik. 


Sebelumnya kata Ahmad Kholik, dirinya sudah pernah menyampaikan keluhan warga tersebut kepada pemilik Tobong. Namun pemilik Tobong malah minta ganti rugi Rp5 juta per Tobong. "Pemilik Tobong mau menutup usahanya asal ada ganti rugi," kata Ahmad Kholik lagi. 


Saat ditanya siapa saja pemilik dari Tobong tersebut, Ahmad Kholik berkata, "pemiliknya ada tiga orang yaitu BB, FD dan SG. Ketiganya warga jalan 8 Desa Perintis. BB adalah salah satu Ketua RT di jalan 8," ujar dia. 


Ahmad Kholik berharap ada solusi atas persoalan Tobong yang sudah meresahkan lingkungan RT yang dia pimpin. "Saya minta kepada pihak terkait agar bisa menyelesaikan persoalan Tobong ini. Sebab asap dari aktivitas Tobong itu sudah sangat meresahkan warga," tutupnya. (wan)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini