-->

Menu Bawah

Iklan

Kadus Benteng Makmur Akui Dampingi Pihak Perusahaan Tambang Batubara ke Pemukiman SAD

Portal Tebo
23/03/21, 08:45 WIB Last Updated 2021-03-23T13:13:32Z
masukkan script iklan disini


PORTALTEBO.id - Kepala Dusun (Kadus) Benteng Makmur, Desa Muara Kilis, Kecamatan Tengah Ilir, Kabupaten Tebo, Bambamg mengakui dirinya mendampingi pihak perusahaan tambang batubara survey lokasi sekaligus melakukan pengeboran di kawasan permukiman Masyarakat Hukum Adat Suku Anak Dalam (MHA SAD) kelompok Temenggung Apung di Dusun Wanorejo, Desa Muara Kilis. 


Dia juga mengaku tidak tahu jika MHA SAD kelompok Temenggung Apung menolak rencana kegiatan tambang batubara di wilayah mereka. "Pihak perusahaan minta kawani ke sana (pemukiman SAD), ya saya kawani," kata dia.


Bambang mmejelaskan, selama melakukan survey dan pengeboran, pihak perusahaan tinggal di rumahnya. Rumah dia disewa (dikontrak) oleh pihak perusahaan selama satu bulan untuk dijadikan camp sekaligus penginapan. "Karena mereka ngontrak di sini, jadi ndak mungkin saya tolak saat mereka minta diantari ke sana (pemukiman SAD). Kebetulan juga saya tahu lokasinya," kata Kadus. 


Kadus mengaku tidak tahu jika keputusan yang diambilnya itu justru membuat MHA SAD kelompok Temenggung Apung menjadi tidak nyaman dan was-was. "Saya siap disalahkan. Memang saya yang mengantar pihak perusahaan ke sana. Tapi saya bukan orang perusahaan," katanya. 


Diketahui, beberapa hari yang lalu pihak perusahaan tambang batubara yang diketahui dari PT Bangun Energi Perkasa melakukan survey sekaligus pengeboran di kawasan permukiman MHA SAD kelompok Temenggung Apung. Kegiatan pihak perusahaan ini membuat warga SAD resah bahkan ada yang marah. Mereka menolak kawasan pemukiman mereka dijadikan lokasi tambang. 


Informasi yang dirangkum media ini, PT Bangun Energi Perkasa berencana melaksanakan kegiatan tambang di lahan seluas 3.587 Hektar. Lokasi tambang di Desa Pelayang Kecamatan Tebo Tengah dan Desa Muara Kilis Kacamatan Tengah Ilir, Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi. (red) 

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini