-->

Menu Bawah

Iklan

Tuntut Kepastian Kontrak Kerja, F-SPTI Tebo Gelar Aksi di PTPN VI Rimdu II

Portal Tebo
31/03/21, 09:01 WIB Last Updated 2021-03-31T02:44:17Z
masukkan script iklan disini


PORTALTEBO.id - Sejumlah massa yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (F-SPTI) Tebo melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor PTPN VI Rimdu II, Kabupaten Tebo, Selasa, (30/03/21).


Adapun tuntutan aksi unjuk rasa ini meminta kepastian kontrak kerja Tenaga Kerja Buruh Muat (TKBM) dengan pihak PTPN VI Rimdu II Kabupaten Tebo.


Selain itu, persoalan kenaikan upah kerja TKBM di lingkungan tersebut yang saat ini masih dianggap di bawah Upah Minimum Regional (UMR).


Pantauan media ini di lapangan, dari aksi unjuk rasa ini akhirnya pihak PTPN VI Rimdu II yang di wakili oleh Syahlan Samosir, SH (Lawyer PTPN VI Rimdu), menyikapi tuntutan F-SPTI Tebo untuk berdialog. Dalam penyampaiannya ia mengatakan PTPN VI Rimdu berpendirian tidak melakukan dialog dengan F-SPTI Kab. Tebo karena mendapatkan perintah dari Direksi PTPN VI Jambi dan menjalankan proses perundangan-undangan yang dianggap PTPN VI Benar. Kemudian menyarankan F-SPTI Tebo agar menempuh jalur konstitusi, baik ke Disnaker maupun Instansi yang membidangi Buruh.


Terkait hal ini, Sekretaris F-SPTI Prov. Jambi, Dedi Zulfikar Harahap menyampaikan kekecewaan massa terhadap sikap PTPN VI Rimdu II.


Dikatakan Dedi, pihak perusahaan seolah tidak mau mengakomodir tuntutan mereka. Dia meminta sikap tersebut dibuat secara tertulis, bahwa PTPN VI menolak berdialog dengan pihak SPTI agar ada pegangan SPTI dalam menempuh jalur konstitusi.


Menyikapi keadaan yang di khawatirkan berpotensi menjadi tak terkendali, akhirnya pihak kemanan dari Polres Tebo melakukan dialog  dengan pihak PTPN VI Rimdu.


Hasil dialog disepakati secara tertulis bahwa permasalahan terkait tuntutan yang diminta oleh F-SPTI akan di mediasi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tebo melalui Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial. dengan kesediaan Management PTPN VI Rimdu akan hadir pada pelaksanan mediasi sesuai dengan waktu dan tempat yang ditentukan oleh Pemda Tebo. 


Selanjutnya massa F-SPTI Kab. Tebo membubarkan diri dengan aman dan menunggu undangan Mediasi dari Pemda Tebo. (wan) 

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini