-->

Menu Bawah

Iklan

Babinsa Telun Hadiri Tradisi Bantai Adat, Perekat Kebersamaan Memasuki Bulan Ramadan

Redaksi
11/04/21, 13:34 WIB Last Updated 2021-04-11T06:34:23Z
masukkan script iklan disini


 

PORTALTEBO.ID, MERANGIN - Babinsa Koramil 420-09/Bangko Kodim 0420/Sarko Peltu April Hadi menghadiri Pesta ‘Bantai Adat’ atau Bantai Kerbau menyongsong bulan suci ramadhan di  Desa Telun, Kecamatan Nalo Tantan, Kabupaten Merangin,Sabtu(10/4/2021)

Memasuki bulan Ramadhan bagi warga masyarakat Telun bukan sekadar melaksanakan ibadah berpuasa saja. Bulan Ramadan bagi warga masyarakat daerah itu juga bermakna penting meningkatkan kebersamaan, silaturahmi dan solidaritas sosial.

Salah satu cara yang dilakukan umat Muslim Desa Telun untuk menjalin kebersamaan dan mempererat tali silaturahmi memasuki bulan suci Ramadan, yaitu tradisi Bantai Adat. Tradisi bantai adat ditandai dengan pemotongan ternak kerbau beberapa hari menjelang puasa.

Babinsa Peltu April Hadi mengatakan “Daging kerbau yang dipotong dijual kepada warga dengan harga relatif murah. Seluruh warga desa umumnya mendapatkan daging kerbau, termasuk keluarga kurang mampu,Pungkasnya

Amir Badarudin Kepala Desa Telun, pada acara Bantai Adat di desanya, menjelang bulan Ramadan 1442 Hijriyah, menjelaskan, tradisi Bantai Adat di desa tersebut selalu ditunggu warga desa.

Bahkan, lanjut Amir, para perantau pun banyak yang pulang kampung hanya untuk mengikuti tradisi bantai adat tersebut. Jumlah kerbau yang dipotong pada acara Bantai Adat di desa Telun tahun ini sebanyak 3 ekor.

Di kesempatan yang sama Bapak Muhammad Tokoh Adat Desa Telun menjelaskan, tradisi Bantai adat ini sangat penting bagi warga desa telun, karena pada kesempatan tersebut terjalin kebersamaan, silaturahmi dan solidaritas segenap lapisan masyarakat desa. 

“Daging kerbau yang dipotong pada tradisi Bantai Adat tersebut, dijual di bawah harga pasar kepada warga. Kemudian ada juga warga yang membeli kerbau secara berkelompok. Mereka memotong dan menjual daging kerbau secara serentak (lelang) pada acara Bantai Adat.Jelas Muhammad(mcdim0420sarko)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini