-->

Menu Bawah

Iklan

Memperingati Hari Bumi, Sejumlah Lembaga Penggiat Lingkungan Hidup Gelar Aksi Kamisan di Jambi

Portal Tebo
22/04/21, 20:42 WIB Last Updated 2021-04-22T13:43:53Z
masukkan script iklan disini


PORTALTEBO.id - Sejumlah lembaga penggiat lingkungan hidup menggelar Aksi Kamisan Jilid 4, di Simpang BI Telanai Pura, Kota Jambi, Kamis (22/04/2021).


Direktur Eksekutif Daerah WALHI Jambi, Abdullah mengatakan Aksi Kamisan ini digelar sekaligus untuk memperingati Hari Bumi setiap tanggal 22 April, "Ini salah satu cara bagaimana kita sebagai mahluk hidup yang tinggal di bumi untuk selalu ingat dan tergugah bahwa bumi semakin tua dan harus tetap kita jaga." kata Abdullah disela aksi. 


Menurut dia, saat ini situasi pengolahan sumber daya alam di Provinsi Jambi mengabaikan keberlanjutan lingkungan hidup. Untuk itu perlu diingatkan bahwa di Jambi masih ada lembaga dan aktivis yang terus memantau dan menyoroti hal tersebut. 


Lanjut dia, petonsi sumber daya alam di Provinsi Jambi sangat beragam dan melimpah. Salah satunya pada sektor kehutanan.  Namun sampai saat ini keberadaan sumber daya alam tersebut masih belum sepenuhnya dapat dikelola dengan baik dan mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat jambi.


"Dengan adanya kegiatan ini, kita mengharapkan sumber daya alam disektor kehutanan dapat dikelola dengan lebih baik dan efisien. Yang dimana dapat mensejahterakan masyarakat dan terciptanya kawasan bermain bagi para pecinta alam di Provinsi Jambi," ujar dia. 


Hal yang sama juga diucapkan KPKA Rimba Negeri, Ginda. Dia berkata, laju kerusakan lingkungan di Jambi cukup memprihatinkan. Kerusakan terjadi dari berbagai sektor diantaranya deforestasi hutan, kebakaran hutan, pertambagan batubara hingga pertambangan emas tanpa izin. 


"Kerusakan lingkungan yang sedang terjadi ini merenggut hak-hak rakyat atas lingkungan hidup yang sehat dan lestari. Maka dari itu,  melalui Aksi Kamisan ini elemen masyarakat mengutarakan keresahan dan meminta adanya perbaikan atas kerusakan lingkungan, serta penindakan terhadap oknum penjahat lingkungan agar lingkungan tetap sehat dan lestari," ucap Ginda. 


Dikutip dari laman wikipedia, Aksi Kamisan adalah sebuah aksi yang dilakukan setiap hari Kamis di depan Istana Negara yang dilakukan oleh korban pelanggaran Hak Asasi Manusia di Indonesia. Aksi ini pertama kali dimulai pada tanggal 18 Januari 2007. Tuntutan dari kegiatan ini adalah menuntut negara untuk menuntaskan pelanggaran HAM berat di Indonesia seperti Tragedi Semanggi, Trisakti, dan Tragedi 13-15 Mei 1998, Peristiwa Tanjung Priok, Peristiwa Talangsari 1989 dan lain-lain.


Pada Aksi Kamisan hari ini di Jambi, diikuti oleh WALHI Jambi, Gitabuana Club, Himpunan Mahasiswa Pencinta Alam Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (HiMAPASTIK), KPKA Rimba Negeri, Mahasiswa Pencinta Alam Gema Cipta Persada (Mapala Gita Sada) dan Perkumpulan Petani Pemayungan Mandiri (PPPM) serta sejumlah aktivis lingkungan hidup.


Aksi Kamisan ini ditutup dengan membagikan takjil oleh peserta aksi kepada pengendara dan masyarakat Jambi. (red/hen)


Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini