-->

Menu Bawah

Iklan

P3L Tebo Mendapat Penguatan Lembaga Dari PINSE dan LP2LH

Portal Tebo
24/05/21, 09:08 WIB Last Updated 2021-05-24T02:08:50Z
masukkan script iklan disini


PORTALTEBO.id - Lembaga Pemantau Penyelamat Lingkungan Hidup ( LP2LH), bersama Lembaga Pinang Sebatang (PINSE) memberikan  pembekalan dasar-dasar lingkungan untuk penguatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) kepada Perkumpulan Pemuda Pemudi Peduli Lingkungan Tebo (P3L), di Taman Tanggo Rajo Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo, Minggu (23/05/21).


Ada yang berbeda pada kegiatan pembekalan dasar lingkungan ini. Dimana tempat  diselenggarakannya di alam terbuka (Outdoor) dan jauh dari kata formal, sehingga terkesan santai namun bermakna.


Dari pantauan media ini, disesi pertama  Ketua PINSE, Husni Thamrin diberikan kesempatan untuk menyampaikan beberapa materi pengenalan dasar lingkungan hidup diantaranya analisa dampak lingkungan yang terjadi di sekitar serta langkah-langkah antisipasi akibat dari adanya kegiatan yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan.


Kemudian menjelaskan tentang bagaimana  cara memanfaatkan sampah domestik atau sampah rumah tangga seperti plastik bekas yang tadinya tidak bermanfaat agar dijadikan barang yang bisa bernilai ekonomi, dengan harapan bisa menjadi formulasi yang efektif untuk mengatasi permasalahan penanganan serta mengurangi volume sampah di Kabupaten Tebo.


Setelah menyampaikan materi dasar, Husni Tambrin yang biasa disapa Bang Ook PINSE juga memberikan motivasi kepada para anggota P3L Tebo agar terus semangat menjadi agen control maupun menjadi inisiator penggerak partisipasi masyarakat dalam menumbuh kembangkan kesadaran pelestarian lingkungan.


"Muda-mudi harus bisa menjadi agen kontrol pelestarian lingkungan, " kata dia. 


Selanjutnya, Ketua LP2LH, Hary Irawan menyampaikan materi pengenalan navigasi dasar, investigasi dasar dan pengolahan data lapangan yang bertujuan agar para peserta mampu memahami serta mengolah informasi yang didapat dari hasil investigasi lapangan menjadi sebuah data.


Kepada media ini, Ketua P3L Tebo, Doni Pramana mengaku sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan pembekalan dasar lingkungan. 


"Walaupun mendadak dan di ruangan terbuka, namun saya dan kawan kawan merasa senang dapat tambahan ilmu pengetahuan  tentang lingkungan hidup melalui materi yang disampaikan oleh senior, dan yang disampaikan tadi sangat jelas sehingga terekam baik oleh kami para peserta," ujarnya. 


Doni berharap kegiatan seperti ini hendaknya dapat terus di selenggarakan, sehingga wawasan pengetahuan mereka dibidang lingkungan lebih meningkat dan bisa menjadi organisasi yang kuat baik personal maupun secara keorganisasian.


Terakhir Doni mengatakan, ia sangat berterima kasih kepada lembaga PINSE dan LP2LH yang telah membina serta membimbing anggota P3L Tebo sehingga termotivasi untuk terus belajar dan berkembang menjadi pribadi-pribadi yang berwawasan lingkungan," Harapannya nanti dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan bermanfaat bagi lingkungan maupun orang lain disekitar, " tutup Dony. (red) 

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini