-->

Menu Bawah

Iklan

Pokdarwis Payung Emas Desa Pemayungan Gelar Pelatihan Peningkatan SDM

Portal Tebo
21/05/21, 10:57 WIB Last Updated 2021-05-21T03:57:23Z
masukkan script iklan disini


PORTALTEBO.id - Demi  untuk mengembangkan Destinasi Wisata di Desa Pemayungan, Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, pihak Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Pemayungan menyelengarakan pelatihan peningkatan kapasitas Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Payung Emas. 


Permateri pelatihan ini yakni Husni Thamrin dari Yayasan /LSM Pinang Sebatang (Pinse) Jambi dan Dinas Pemuda Olah Raga Dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Tebo, Rabu 19/05/2021) di Sanggar Seni Desa Pemayungan.


Kepala Balai TNBT, Fifin Arfiana Jogasara, melalui kepala SPTN I Tebo Tengah mengatakan, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas Pokdarwis untuk bisa mandiri.


"Pendampingan dari TNBT perinsipnya hannya pendorong, tergantung kepada upaya Dan komitmen anggota Pokdarwis sendiri," kata Hendra koswandi selaku Kepala SPTN I Tebo Tengah.


Sementara, Husni Thamrin menyampaikan, untuk mengembangkan wisata dibutuhkan kekompakan, dan untuk mempromosikan wisata, Pokdarwis harus membangun jaringan sosial media.


"Kembangkan wisata sesuai dengan kearifan lokal dan mempertahankan budaya lokal," kata Husni Tambrin. 


Dia menjelaskan, banyak manfaat yang diperoleh dari wisata diantarannya peningkatan ekonomi, sosial, budaya dan pelestarian lingkungan. 


"Selain itu, harus juga menjaga tujuh unsur Sapta pesona yaitu keamanan, kebersihan, ketertiban, kenyamanan, keindahan, keramahan dan kenangan," kata dia. 


Sementara, Disporapar Tebo, melalui Kasih Pengembangan SDM Dan Ekonomi Kreatif, Supriadi, S.Pd, M.M, mrminta kepada Pokdarwia Payung Emas melakukan pendataan tempat-tempat wisata dengan detil agar bisa diketahui dengan tepat, "Semua tempat wisata ini harus dijaga agar tetap utuh dan alami. Ini menambah daya tarik bagi wisatawan dan ciptakan suasana yang aman dan nyaman, dan tetap mengembangkan sapta pesona," katanya. 


Ketua Pokdarwis Payung Emas, Rozi saputra mangatakan, dengan adanya pelatihan peningkatan kapasitas Pokdarwis ini sangat bermanfaat bagi anggota dan pengurus Pokdarwis Payung Emas. 


"Selama ini yang belum kami ketahui sekarang bisa kami ketahui, dan banyak sekali wisata yang menarik di desa kami ini, untuk teman-teman yang berminat berwisata ke desa kami, kami dari Pokdarwis Payung Emas siap memandu atau mengantar ke tempat-tempat wisata yang ada di desa kami, " kata dia. 


Selama ini lanjut dia, Pokdarwis Payung Emas telah melakukan pelatihan kerajinan tangan, membatik, dan budidaya tanaman jahe. "Dengan pelatihan ini mudah-mudahan bisa meningkatkan pengetahuan teman-teman," harap dia. (hen)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini