-->

Menu Bawah

Iklan

Sejumlah Lembaga Sosialisasi Peta Administrasi Desa di Desa Tanah Garo

Portal Tebo
23/05/21, 05:55 WIB Last Updated 2021-05-22T22:55:04Z
masukkan script iklan disini


PORTALTEBO.id - Yayasan Orang Rimbo Kito ( ORIK ) bersama dengan Lembaga Pinang Sebatang ( PINSE ) dan Lembaga Pemantau Penyelamat Lingkungan Hidup ( LP2LH ) memberikan sosialisasi pembuatan peta administrasi desa dengan perangkat Desa Tanah Garo, Kecamatan Muara Tabir Kabupaten Tebo, di rumah salah satu perangkat Desa pada Jum'at, (21/05/21).


Sosialisi ini bertujuan memberikan masukan betapa pentingnya agar setiap desa yang ada di Kabupaten Tebo mempunyai peta administrasi desa secara defenitif, termasuk Desa Tanah Garo.


Ketua Yayasan ORIK, Ahmad Firdaus mengatakan, agenda pertemuan ini memang sudah lama direncanakan namun baru bisa terlaksana hari ini. "Alhamdulillah saya di dampingi ketua LP2LH, Hary Irawan bersama ketua Lembaga PINSE, Husni Thamrin (Bang Ook Pinse) yang secara khusus datang langsung dari Jambi, " kata Firdaus.


Desa Tanah Garo kata Firdaus, belum mempunyai peta administrasi desa definitif, sedangkan kita ketahui bersama bahwa salah satu syarat untuk menentukan besaran anggaran dana desa (ADD) dan Dana Desa dana desa (DD) diterima oleh setiap masing masing Desa diukur dari Luas Wilayah dan jumlah penduduk.


Dikatakan Firdaus, peta administrasi juga berguna untuk mengetahui potensi yang berada di Desa Tanah Garo, karena menurut dia, kedepan bukan mustahil jika akan banyak pihak swasta yang akan berinvestasi di desa Tanah Garo yang mempunyai banyak potensi, baik itu dari sektor perkebunan, pertanian,bahkan mungkin bisa saja pertambangan.


"Jika Desa Tanah Garo sudah mempunyai peta administrasi desa, dalam hal ini pihak Desa Tanah Garo akan lebih mengetahui seberapa banyak luasan wilayah mereka yang masuk kedalam rencana izin perusahaan pihak swasta yang akan berinvestasi di Desa Tanah Garo. Apalagi Desa Tanah Garo merupakan wilayah dampingan ORIK, terlebih di sini ada kelompok SAD Tumenggung Ngadap, dan jika rencana kegiatan usaha yang akan melakukan investasi tidak direncanakan dengan baik, tentunya ini akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kehidupan mereka, " kata Firdaus lagi. 


Ketua BPD Tanah Garo, M.Salim sangat mengapresiasi atas kedatangan rombongan ORIK, LP2LH dan PINSE, ia berharap hasil dari diskusi dan masukan yang diberikan nantinya akan terlaksana,"ini kan juga untuk kebaikan desa kami sendiri, " katanya. (red) 

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini