-->

Menu Bawah

Iklan

Desa Teluk Rendah Ulu Gelar Pelatihan Ekonomi Kreatif

Portal Tebo
13/07/21, 11:55 WIB Last Updated 2021-07-13T04:55:30Z
masukkan script iklan disini


PORTALTEBO.id - Mengawali kegiatan pelatihan dan pemberdayaan ekonomi kreatif, perkumpulan Kolaboraksi dan Komunitas MMC Outsiders Chapter Jambi melakukan kegiatan di Desa Teluk Rendah Ulu, Kecamatan Tebo Ilir, Kabupaten Tebo, Senin (13/07/21).


Kegiatan ini mendapat apresiasi langsung dari Camat Tebo Ilir, M.H Habibie,ST.ME. Dikatakan dia, pelatihan ini rencananya  dilaksanakan selama 5 hari kedelapan yakni, dari tanggal 12 sampai 17 Juli di 2021 mendatang.


"Saya dan atas nama Pemerintah Kecamatan Tebo Ilir akan selalu ada dan siap mendorong kegiatan kegiatan yang bersifat positif di setiap desa, kegiatan seperti ini sangat penting guna membangun sumber  daya manusia yg bisa berwirausaha dan mandiri, " kata Habibie.



Dikatakan Habibie, dalam mengahadapi pandemi Covid-19 saat ini, sangat berpengaruh terhadap kondisi ekonomi masyarakat, ditambah lagi dengan kurangnya lapangan pekerjaan membuat semakin meningkatnya angka pengangguran di daerah. "Artinya kata dia, peran pemerintah dalam rangka meminimalisir dampak ini harus segera diatasi," cetusnya.


Lanjut dia, sudah selayaknya pemerintah harus hadir dan membuat suatu formulasi untuk memberikan solusi. Seperti kegiatan yang sedang dilaksanakan hari ini. "Tentunya saya sangat optimis ini bentuk upaya pemerintah daerah kabupaten dalam upaya membantu memulihkan ekonomi masyarakat melalui pembekalan dan pelatihan pelatihan lainya, sehingga melalui kegiatan pelatihan ini bisa menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas, mandiri dan mampu menciptakan lapangan usahanya sendiri, " jelas Habibie.


Terpisah, Kepala Desa Teluk Rendah Ulu, A. Fauzi mengatakan, pelatihan ini sangat dibutuhkan oleh pemuda. Tujuannya, selain memberikan memotivasi juga membentuk pemuda terampil dan siap pakai ketika mereka dibutuhkan dalam sebuah pekerjaan.


Di Desa Teluk Rendah Ulu, kata Kades, terdapat sejumlah perusahaan. Perusahaan tersebut membutuhkan pekerja dibidang mekanik pengelasan dan dan automotif.


"Dengan adanya pelatihan ini, mudah-mudahan bisa bisa membentuk pemuda menjadi tenaga kerja siap saing," ujar Fauzi.


Ketua perkumpulan Kolaboraksi, Oni Suryono mengatakan, saat ini perkumpulan yang diketuainya bersama Komunitas Motor MMC Outsiders telah beberapa kali mengadakan pelatihan, baik di desa maupun di sekolah-sekolah.

 

Untuk pelatihan ini, kata Oni, mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah  Kabupaten Tebo melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja.


Dengan adanya dukungan dari pemerintah dan semua pihak, Oni berharap hasil pelatihan ini nantinya bisa menghasilkan produksi yang bisa disalurkan ke beberapa daerah, baik lokal maupun luar daerah.


"Kedepannya kami ingin kegiatan ini juga dilakukan secara paralel ke desa-desa yang lain di dalam Kecamatan Tebo Ilir, " tutupnya. (wan)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini