-->

Menu Bawah

Iklan

Air Rebusan Daun Sungkai Diyakini SAD Bisa Menangkal Covid-19

Portal Tebo
10/08/21, 17:46 WIB Last Updated 2021-08-10T10:46:46Z
masukkan script iklan disini

PORTALTEBO.id - Warga Suku Akan Dalam (SAD) Kabupaten Tebo, mengaku takut tertular virus Covid-19. Namun mereka memiliki resep atau ramuan yang diyakini bisa menangkal virus tersebut. Ramuan yang mereka yakini ini adalah rabusan pucuk daun sungkai.


"Kami percaya dengan meminum air rebusan daun sungkai bisa mengobati demam tinggi, batuk dahak, dan sakit kepala. Juga penangkal Corona (Covid-19)," kata Malenggang, salah seorang warga SAD Kelompok Temenggung Apung di Desa Muara Kilis, Kecamatan Tengah Ilir, Kabupaten Tebo, Senin malam (09/08).


Dia menjelaskan, tidak semua daun sungkai memiliki khasiat yang sama. Biasanya, daun sungkai yang digunakan (direbus) adalah pucuknya atau daun yang masih muda, "Biasanya yang kami gunakan pucuk daunnya (daun muda) bukan daun yang sudah tua," ujar dia.


Diakui Malenggang, air rebusan pucuk daun sungkai dirasa lebih pahit ketimbang daun yang sudah tua. Namun, bagi mereka hanya air dari rebusan pucuk daun yang lebih memiliki khasiat.


"Dari nenek moyang kami dahulu ya rebusan daun sungkai ini lah untuk mengobati segala macam penyakit. Apalagi demam tinggi, batuk dan pilek. Beberapa kali saja minum air rebusan Sungkai sudah sembuh," ujar dia lagi.


Melenggang mengaku sudah menguji khasiat air rebusan daun Sungkai tersebut. "Kemarin kami sekeluarga demam panas, batuk-batuk dan pilek. Cuma tiga hari saja saja minum rebusan Sungkai, sekarang sudah sehat. Sementara tentang di RT sebelah, sudah seminggu ini demamnya belum juga sehat-sehat," katanya. 


Tidak hanya diminum, lanjut dia, air rebusan daun sungkai juga bisa digunakan untuk campuran air mandi. "Anak-anak biasanya tidak mau minum air rebusan daun Sungkai. Jadi kalo kami disini, air rebusan daun dicampur air mandi, lalu dimandikan kepada anak. Tapi yang bagusnya diminum," katanya.


Hal yang sama juga dikatakan Wakil Temenggung SAD Tanah Garo, Kecamatan Muara Tabir, Kabupaten Tebo, Bambang. "Sejak nenek moyang kami dahulu, obat untuk demam panas, batuk dan pilek cukup dengan minum air rebusan daun Sungkai," kata dia.


Berbeda dengan SAD Muara Kilis, Bambang mengaku kulit dan akar pohon Sungkai juga memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Hanya saja butuh penambahan atau campuran tanaman lain agar lebih berkhasiat,"Bisa dicampur akar Bedaro Putih, bisa juga dicampur irisan kayu spang, lalu direbus. Setelah itu diminum pakai madu. Itu khasiatnya sangat luar biasa," pungkasnya. (red)


Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini