-->

Menu Bawah

Iklan

Mahasiswa KKN Kebangsaan Kembangkan Wisata Mangrove di Desa Kuala Lagan

Portal Tebo
11/08/21, 21:55 WIB Last Updated 2021-08-11T14:55:38Z
masukkan script iklan disini


PORTALTEBO.id - Sebanyak 22 orang mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia mulai mengembangkan ekowisata mangrove di Desa Kuala Lagan, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.


Rombongan mahasiswa yang diketahui tengah mengikuti KKN Kebangsaan di Jambi ini, disambut baik oleh masyarakat dan perangkat desa setempat.


"Alhamdulillah, kita mendapat dukungan penuh dari Ikatan Pemuda Desa dan pemerintah Desa dalam membangun ekowisata mangrove," kata Hasbi Ashshiddiqi, Humas Posko XXII KKN Kebangsaan dan KKN Bersama, Rabu (11/08/2021).


Dikesempatan ini, perangkat desa menyampaikan permasalahan dan potensi mangrove di desa mereka agar dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, khususnya Desa Kuala Lagan.



Hasbi menjelaskan, pihak desa menginginkan pengembangan wisata mangrove tidak hanya sebatas membuka potensi wisata, namun ada edukasi dan pemanfaatan mangrove yang berkelanjutan. 


Selain itu, kata Hasbi, pihak desa menginginkan pengembangan wisata ini berdampak pada pelestarian tanaman mangrove yang ada di Desa Kuala Lagan.


"Mengingat kondisi geografis desa dekat dengan laut, diharapkan wisata mangrove ini bisa membantu melestarikan ekosistem laut dan pencegahan abrasi," ujar dia.


Hasbi berkata, saat ini para pemuda desa bersama Mahasiswa KKN Kebangsaan mulai melakukan perancangan desain, bahan, dan alat yang dibutuhkan dalam pengembangan wisata tersebut. 


Sebagai langkah awal, bilang dia, membangun pondasi dan bangunan ekowisata mangrove dengan mengunakan bambu dan kayu pinang. 


"Mudah-mudahan dengan adanya ekowisata ini berdampak baik pada perekonomian dan lingkungan hutan mangrove yang selama ini belum diolah di Kabupaten Tanjung Jabung Timur," pungkasnya. (red)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini