-->

Menu Bawah

Iklan

6 Alasan Mengapa Anak Harus Bermain Lego

Portal Tebo
14/09/21, 20:33 WIB Last Updated 2021-09-14T13:33:32Z
masukkan script iklan disini


Lego
merupakan sebuah puzzle 3 dimensi yang sangat populer di berbagai kalangan dan menyenangkan untuk dimainkan. Biasanya lego adalah mainan untuk anak berusia balita karena di usia tersebut anak selalu ingin membeli mainan dan mulai tertarik dengan permainan puzzle.


Tak hanya menyenangkan, lego juga memiliki banyak manfaat bagi perkembangan buah hati. Berikut ini merupakan 6 manfaat lego untuk perkembangan buah hati.


1. Menyenangkan


Alasan pertama mengapa anak harus bermain lego adalah karena lego menyenangkan untuk dimainkan. Hal ini akan membentuk mood yang baik dan aura yang positif bagi anak karena anak akan selalu ceria.

Tak hanya itu, biasanya anak yang bermain lego juga memiliki banyak teman. Itu karena biasanya anak yang memiliki lego akan mengundang temannya untuk bermain lego bersama di rumahnya.


2. Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah


Problem solving adalah hal yang harus dimiliki oleh setiap orang untuk memasuki dunia kerja ataupun karir. Ternyata, problem solving skill atau kemampuan untuk memecahkan masalah dapat dibentuk dengan bermain lego lho.


Tidak semua bricks dalam lego dapat dihubungkan dengan bricks lainnya. Karena itulah buah hati akan terpicu untuk mencari jalan keluar dari masalah tersebut dan mencari brick yang sesuai untuk dipasangkan. 


3. Melatih koordinasi tangan dan keahlian motorik.


Merangkai lego sebenarnya perlu kesabaran dan ketepatan untuk menyusun antara brick satu dengan brick yang lain karena tidak semua bricks dapat terhubung. Hal itulah yang membuat lego dapat melatih kemampuan motorik dan ketelitian anak yang nantinya kemampuan ini sangat diperlukan.


Kesesuaian antara penglihatan pada mata dan gerakan pada tangan serta kemampuan untuk memberikan posisi pada benda akan terlatih. Karena hal itulah bermain lego sangat direkomendasikan untuk anak yang memiliki usia pertumbuhan.


4. Meningkatkan kemampuan memimpin, bersosialisasi, dan kerja sama.


Bermain lego sendiri saja sudah memiliki banyak manfaat bagi si kecil, apalagi jika mengundang teman dalam bermain. Dengan bermain bersama teman, jiwa pemimpin seorang anak akan terlatih karena anak yang memiliki lego biasanya akan memberi tahu objek yang akan dibuat kepada temannya.


Tak hanya itu, bermain lego bersama dengan teman-teman atau keluarga juga dapat melatih kemampuan anak untuk bersosialisasi dan bekerja sama. Itu karena dalam membuat suatu hal perlu adanya kerja sama agar objek yang ingin dibuat berhasil dibuat.


5. Meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak.


Manfaat lego yang kelima adalah meningkatkan kreativitas dan imajinasi pada anak. Brick yang kebanyakan berbentuk kubus dan balok dapat disusun menjadi sebuah objek seperti bangunan, alat transportasi, dan lain-lain.


Semakin banyak objek yang dapat dibuat maka kreativitas anak semakin meningkat dan terlatih. Objek sehari-hari juga dapat dijadikan model dalam penyusunan logo.


6. Membantu mengenal hingga profesi.


Selain lego yang didominasi dengan bentuk bricks kubus dan balok, ada juga lego yang memiliki banyak bentuk bricks seperti Lego City. Terlebih lagi Lego City Police Station yang menggambarkan kondisi kantor polisi.


Bentuknya yang menarik dapat membuat anak menjadi tertarik untuk mendalami bidang profesi tertentu. Contohnya pada Lego City Police Station, kemungkinan anak akan tertarik untuk menjadi polisi.


Itulah 6 alasan mengapa lego harus dimainkan oleh anak. Jika kamu memiliki pendapat atau ingin memberi tahu koleksi lego-mu hingga saat ini, silahkan tulis di kolom komentar ya.


Penulis: Aldie Sheva (Penulis freelance)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini