-->

Menu Bawah

Iklan

Sekolah Jangka Benah Bersama KPHP Tebo Timur Wilayah X

Portal Tebo
17/09/21, 07:53 WIB Last Updated 2021-09-17T00:53:27Z
masukkan script iklan disini

 


PORTALTEBO.id - Program Strategi Jangka Benah Fakultas Kehutanan UGM  bersama SPOS KEHATI kali ini bekerjasama dengan KPHP Tebo Timur Wilayah X mengadakan Sekolah Jangka Benah untuk wilayah Tebo, Kamis (16/09/21).


Bertempat di Aula Hotel GN Tebo, Sekolah Jangka Benah berlangsung. Peserta acara adalah perwakilan 12 KTH dan para penyuluh dari KPHP Tebo Timur dan KPHP Tebo Barat. Dengan mengambil tema Agroforestry di Kebun Sawit dan Sosialissi Sistem Informasi PNBP bagi KTH  dalam kawasan. 


Sebelum acara di GN Hotel para Petani dikumpulkan di kantor KPHP Tebo Timur untuk mengikuti acara pembinaan bersama Kepala KPHP Tebo Timur, H. Sumarjo. SH. 


Dalam sambutannya, Kepala KPHP menekankn pentingnya pemenuhan kewajiban Kelompok Tani Hutan setelah mendaptkan izin. 


Disela acara juga dilakukan penanandatangan pengesahan RKT beberapa KTH desa Sungai Jernih.


Sekolah Jangka Benah ini menghadirkan DR Forst, Ir Bambang Irawan SP, MSc IPU dari Universitas Jambi (Unja) yang mengupas tuntas tentang Agroforestry di kebun Sawit dan Hendro Prastiyo S.Hut dari BPHP Wilayah IV Jambi yang memaparkan tentang SI-PNBP.


Agroforestry di kebun sawit adalah hal yang memungkinkan dan dapat menjadi pilihan bagi petani sawit untuk menamabah penghasilan dari kebun sawit selain dari tanaman sawit. 


Penanaman jenis pohon kayu bukan saja untuk pemenuhan kewajiban tanaman 100 batang perhektar tetapi jauh lebih dari itu yaitu investasi masa depan ketika sawit tidak lagi produktif karena sawit dalam kawasan hanya diperboleh kan ada hanya satu daur (25 thn). Setelah itu petani tidak boleh lagi menanaam sawit dalam lahan kawasan hutan. 


Dalam prakteknya pembuatan denplot kebun campur, Universitas Jambi sudah mempraktekan  dengan membuat Demplot Kebun Campur bekerja sama dengan Universitas Goettingen Jerman. Sedangkan Fakultas Kehutanan UGM dengan SPOS KEHATI mulai membuat denplot Kebun Campur melalui program Strategi Jangka Benah yang lokasi berada di desa Sungai Jernih Kec. Muara Tabir Kabupaten Tebo.


Sementara itu dalam pemaparannya Endro Prastyo menjelaskan pentingnya KTH mengetahui Sistem Informasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (SI-PNBP) yang merupakan sistem yang dibangun oleh kementrian KLHK yang salah satunya isinya tentang Tata Niaga kayu. 


Kemudian, lanjut Endro, Sistem ini berkaitan dengan sistem pembayaran yang akan dilakukan oleh KTH. "Ini adalah rangkaian dari kewajiban yang harus dilakukan oleh KTH setelah mendapat ijin. Dari rangkaian legalitas (mendapatkan ijin), Penyusunan RKU-RKT, KTH berkegiatan dan berproduksi dengan menghasilkan, setelah itu adalah pembayaran hasil produksi ke negara lewat SI-PNBP, setelah semua itu dilakukan maka tunailah kewajiban KTH yang sudah dijalankan dalam kegiatan Perhutanan Sosial ini ", papar Endro.


Rencana tindak lanjut dari kegiatan ini yang paling dekat adalah coaching pengisian SI-PNBP oleh BPHP Wil IV Jambi kepada KTH. BPHP Wil IV akan turun ke desa Sungai Jernih untuk memberikan bimbingan dan pendampingan kepada KTH terutama masalah pengisian di SI-PNBP. Acara Sekolah Jangka Benah ini dimulai dari pukul 10.00 WIB, dan ditutup pada pukul 15.30 WIB. (wan)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini