-->

Menu Bawah

Iklan

B A I K SLB MINWA: KEBAHAGIAAN DI BAWAH TERIKNYA MENTARI*

Portal Tebo
06/11/21, 08:10 WIB Last Updated 2021-11-06T01:10:24Z
masukkan script iklan disini

 


Pagi ini cuaca terlihat begitu cerah di sekitar wilayah SLB MINWA, Desa Perintis, Kecamatan Rimbo Bujang (5/11). Begitupun juga terlihat semangat para orang tua untuk mengantarkan putera-puterinya bersekolah.


Dikarenakan hari ini bertepatan dengan agenda ke dua untuk terealisasinya program B A I K (Bimbingan Akhlak Mulia dan Keterampilan) SLB MINWA. Seluruh pegawai sekolah terlihat sedikit sibuk mempersiapkan segala kebutuhan untuk pelaksanaan kegiatan.


Kegiatan B A I K ini memang telah diagendakan untuk dilaksanakan satu kali dalam sebulan. Seperti sebelumnya program ini mengusung dua kategori bimbingan yaitu keterampilan dan akhlak mulia, sesuai dengan nilai pada visi SLB MINWA saat ini.


Persiapan sebenarnya juga sudah dilaksanakan pada hari sebelumnya, dengan melakukan rapat persiapan bersama guru dan terapis yang dipimpin oleh Kepala Sekolah, Bapak Jusbianto, S.Pt. Tujuan dilakukannya rapat persiapan yaitu untuk pemantapan strategi dan target dari kegiatan yang akan dilaksanakan.


Hingga pada akhirnya, untuk inti kegiatan B A I K yang akan dilaksanakan yaitu dengan mengajak peserta didik membagikan nasi kotak kepada warga yang membutuhkan di sekitaran pasar sarinah, rimbo bujang. Untuk rencana kegiatan tersebut masih sama dengan kegiatan B A I K sebelumnya.


Hanya saja untuk persiapan membuat nasi kotak kali ini dipersiapkan secara mandiri. Dimana untuk alat dan bahan dibagitugaskan kepada seluru guru dan terapis yang kemudian dipersiapkan secara bersama-sama.


Tujuannya adalah agar dapat dicapainya jumlah nasi kotak dengan porsi optimal dan jumlah yang maksimal.


Sampailah hari ini kegiatan telah dapat terealisasi. Dengan mengajak peserta didik ke pasar sarinah, dibimbing oleh guru, terapis, orang tua, dan didampingi oleh Kepala Sekolah serta Pimpinan Yayasan Rumah Cerdas Minwa yang juga sempat hadir.


Kegiatan untuk menyalurkan nasi kotak dilaksanakan sekitar pukul 09.00 WIB s.d 11.00 WIB. Dengan jumlah nasi kotak yang disalurkan berjumlah 45 bungkus.


Kegiatannya diawali dengan pembukaan dengan kata sambutan sekaligus do'a bersama yang dipimpin oleh Kepala Sekolah. Kemudian dilakukan pembagian rute kegiatan penyaluran nasi kotaknya dengan jumlah peserta didik yang berpartisipasi. 


Ditengah teriknya matahari, kegiatan penyaluran nasi kotak pun tetap dilakukan. Dengan pembagian rute dibagi menjadi dua tim. Tim yang pertama yaitu akan membagikan nasi kotanya di dalam wilayah pasar sarinah, dan tim yang kedua membagikan di sekitaran terminal lama rimbo bujang.


Adapun warga yang disasar untuk menerima manfaat nasi kotak tersebut diantaranya yaitu dari pegawai toko, kuli bangunan, penjaga pos TPR (tempat pemungutan retribusi), petugas kebersihan, hingga para pedagang kecil. 


Nugi, adalah salah satu peserta didik SLB MINWA. Dimana saat itu menyampaikan rasa bahagianya ketika mengikuti kegiatan pembagian nasi kotak, sekalipun dia merasa letih dan kepanasan.


"Nugi, bagaimana perasaannya ketika tadi memberikan nasi kotaknya?" Tanya oleh Bapak Jusbianto. "Nugi senang, tapi hari ini panas" Jawab Nugi.


Begitulah kondisi ditengah pelaksanaan disaat membagikan nasi kotak ketika di lokasi. Semua guru, terapis, dan orang tua menjadi peran yang sangat penting dalam membimbing seluruh peserta didik sebagai ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) yang terkadang memang agak "rewel". 


Disampaikan harapan dari terealisasi program B A I K ini oleh Kepala Sekolah, Bapak Jusbianto, S.Pt. Menyampaikan bahwasanya dengan adanya kegiatan B A I K ini agar dapat menjadi sebuah kegiatan yang menyatukan kerjasama antara orang tua dan para pendidik terutama di SLB MINWA. 


Kerjasama yang dimaksudkan adalah dimana pendidik mampu saling berkomunikasi dengan orang tua sehingga  bersemangat untuk melihat bahwasanya anak nya tetap berpotensi untuk mampu memiliki keterampilan sekaligus mampu untuk bersikap dengan akhlak mulia yaitu merasakan kebahagiaan disaat mereka mampu berbagi dengan orang lain.


Selain itu, dijelaskan bahwasanya terkait kegiatan B A I K ini adalah murni hasil infak harian dari seluruh peserta didik di sekolah, yang kemudian ditambahkan dengan sedekah tambahan dari seluruh warga sekolah, termasuk pimpinan Yayasan dan juga dari orang tua peserta didik. 


Kontribusi orang tua peserta didik hingga saat ini semakin meningkat. Dari sebagian orang tua yang ikut serta dalam kegiatan terutama disaat membagikan nasi kotak, mengungkapkan rasa bahagia dan semangatnya. Hingga terakhir orang tua peserta didik pun sangat mendukung penuh agar kegiatan B A I K ini tetap bisa berlangsung setiap bulannya. (Jusbianto)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini