-->

Menu Bawah

Iklan

Kajari Tebo Gelar Rapat Koordinasi Tim Pakem

Portal Tebo
24/11/21, 14:44 WIB Last Updated 2021-11-24T07:44:52Z
masukkan script iklan disini

 


PORTALTEBO.id -  Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan dalam Masyarakat (Pakem) Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi, menggelar rapat koordinasi (Rakor) di aula kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Tebo, Rabu (24/11/2021).


Hadir dalam kegiatan, Kajari Tebo, Imran Yusuf bersama jajaran, MUI Kabupaten Tebo, Kepala Kesbangpol Tebo, Camat se Kabupaten Tebo dan Kepala Desa se Kecamatan Tebo Ilir.


Kajari Tebo, Imran Yusuf yang memimpin langsung rapat ini mengatakan, tujuan Rakor ini guna meningkatkan volume pengawasan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan aliran kepercayaan maupun keagamaan di wilayah Kabupaten Tebo.


"Rakor ini sebagai upaya menangkal munculnya atau menyebarnya paham-paham menyimpang yang berpotensi menimbulkan konflik di tengah kehidupan masyarakat," katanya.


Untuk itu, dia butuh masukan dan saran dari semua pihak untuk ikut mengawasi hal-hal yang berkaitan dengan aliran kepercayaan.


Saat ini, kata Imran Yusuf, ada dua aliran kepercayaan yang menjadi fokus pengawasan tim Pakem, satu aliran di Kecamatan Sumay dan satu lagi di Kecamatan Rimbo Bujang. "Kita minta para camat ikut mengawasi kegiatan kepercayaan atau aliran-aliran di wilayah kecamatan masing-masing. Jika ada ditemukan, cepat informasikan kepada kita," pintanya.


Ketua MUI Kabupaten Tebo, KH Rifa’i Ahmad mengatakan, saat ini ada beberapa aliran atau kepercayaan yang diduga menyimpang di wilayah Kabupaten Tebo. Agar tidak menimbulkan permasalahan atau konflik di tengah masyarakat, dia minta kepada seluruh camat, lurah dan kepala desa untuk memberikan informasi terkait aliran atau kepercayaan yang diduga menyimpang tersebut.


"Saat ini bukan saja konflik antar agama yang kita khawatirkan, tapi konflik internal agama yang mulai bermunculan. Ini harus kita antisipasi secepatnya," kata dia.


Jangan sampai kata dia, nantinya terjadi konflik di tengah masyarakat lantaran kurangnya pengawasan terhadap aliran atau kepercayaan yang dianggap menyimpang.


Pantauan media ini, rapat koordinasi Tim Pakem Kabupaten Tebo ini dilakukan penuh kekeluargaan. Setiap peserta yang hadir diberi kesempatan untuk menyampaikan kondisi wilayah masing-masing. Kegiatan ditutup dengan dialog antara peserta dengan Kajari Tebo, Imran Yusuf selaku Ketua Pakem Kabupaten Tebo. (red)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini