-->
  • Jelajahi

    Copyright © Portal Tebo I Anda Baca, Anda Ketahui
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    2022 Berakhir, Dan Pilkada Masih 2024

    Redaksi
    08/01/22, 21:56 WIB Last Updated 2022-01-08T14:56:27Z
    masukkan script iklan disini


     Berdasarkan data yang penulis peroleh dari beragam sumber, mengenai kepala daerah di Indonesia yang masa jabatannya akan berakhir pada Tahun 2022 terdapat 101 kepala daerah dari hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2017. salah satu dari kepala daerah yang akan habis massa jabatannya yaitu Bupati Kabupaten Tebo Dr. H. Sukandar, S.Kom., M.Si. yang lahir pada 1 Oktober 1968 adalah Bupati Tebo dua periode yakni 2011-2016 dan 2017-2022. Pada periode pertama, Ia berpasangan dengan Hamdi dan diperiode kedua, Ia berpasangan dengan Syahlan Arfan. Sebelumnya Sukandar pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Tebo periode 2006-2011 mendampingi Bupati, Abdul Madjid Mu'az akan berakhir pada bulan mei 2022 mendatang.


    Menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, pemilihan kepala daerah serentak telah dimulai sejak tahun 2015, 2017, dan 2018. Kemudian akan dilakukan lagi pada tahun 2020. Namun, pada Pilkada 2024 akan diikuti seluruh daerah yang melakukan Pilkada pada tahun 2020, 2022, dan 2023. Dengan konsekuensi, pemenang Pilkada tahun 2020 hanya akan menjabat selama empat tahun. Sementara untuk Pilkada 2022 dan 2023 akan dipilih pejabat kepala daerah untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut, sambil menunggu Pilkada tahun 2024 dan saat ini masih bergulir pembahasan revisi UU No Tahun 2016 di Komisi II DPR RI.


    Ketentuan ini mengakibatkan di Kabupaten Tebo ada masa hampir 2,5 tahun tidak memiliki Bupati yang di pilih langsung oleh masyarakat, melainkan dengan merujuk Undang-Undang diatas Pasal 201 ayat (9) untuk mengisi kekosongan jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota yang berakhir masa jabatannya tahun 2022 sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dan yang berakhir masa jabatannya pada tahun 2023 sebagaimana dimaksud pada ayat (5), diangkat penjabat Gubernur, penjabat Bupati, dan penjabat Walikota sampai dengan terpilihnya Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota melalui Pemilihan serentak nasional pada tahun 2024. Dan Penjelasan dari Pasal 201 Ayat (9) yaitu Penjabat Gubernur, penjabat Bupati, dan penjabat Walikota masa jabatannya 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang 1 (satu) tahun berikut dengan orang yang sama/berbeda.


    Lebih lanjut untuk orang yang akan menjadi Bupati di atur dalam ayat (11)-nya menyebutkan, “Untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati/Walikota, diangkat penjabat Bupati/Walikota yang berasal dari jabatan pimpinan tinggi pratama sampai dengan pelantikan Bupati, dan Walikota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”.mengenai itu Pasal 19 ayat (1) UU No.5 Tahun 2014 jabatan pimpinan tinggi pratama, antara lain meliputi sekretaris daerah kabupaten/kota, kepala dinas/kepala badan provinsi.


    Berdasarkan pengalaman sebelumnya yang pernah menjadi Plt Bupati kab Tebo yaitu  Ir. H. Haviz Husaini, (Juni – Agustus 2011) Gubernur Jambi menunjuk Ir. H. Haviz Husaini, MM sebagai Penjabat Bupati Kabuapten Tebo yang dilantik pada tanggal 20 Juni 2011 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 131.15-472 Tahun 2011 tentang pengesahan pemberhentian Bupati Tebo dan Pengangkatan Penjabat Bupati Tebo Provinsi Jambi tertanggal 16 Juni 2011. Sebelumnya, Gubernur Jambi menunjuk H. Abdullah SH, MM menjadi Pelaksana Harian (Plh) Bupati Tebo. Sebagai Pejabat Bupati Tebo Ir. H. Haviz Husaini melaksankan tugas dari tanggal 20 Juni 2011 sampai dilantiknya Bupati Tebo terpilih hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Tebo tahun 2011 pada tanggal 27 Agustus 2011.


    Ir. Agus Sunaryo (Agustus 2016 s/d Mei 2017) Dengan berakhirnya masa Jabatan Bupati serta Wakil Bupati Tebo H.Sukandar,S.Kom,M.Si–Hamdi,S.Sos, MM periode 2011 - 2016, maka dengan adanya kekosongan jabatan tersebut Gubernur Jambi, H. Zumi Zola, S.TP, M.A melantik Bapak Ir. Agus Sunaryo menjadi Pj Bupati Tebo. Pelantikan dilaksanakan di Aula Utama Rumah Dinas Gubernur Jambi pada hari Sabtu tanggal 27 Agustus 2016, pada pukul 21.00 wib, dan berakhir setelah terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati Definitif periode 2016-2021.


    Untuk itu harus ada ASN yang dapat memenuhi syarat untuk mejadi Plt Bupati Tebo, Plt ASN tentunya juga mereka yang mempunyai kredibilitas, kapasitas, dan kapabilitas yang teruji untuk mepelajari tugas pokok dan fungsi jababatannya sebagai Bupati, Sebagaimana lazimnya, pengangkatan Plt Bupati/Walikota biasanya ditunjuk dari pejabat pimpinan pratama di lingkungan provinsi. Prosesnya, Kemendagri menerima usulan Gubernur, kemudian akan ditelusuri kembali jejak calon ini agar tidak ada potensi konflik kepentingan. karena pengalaman Plt Bupati kabupaten Tebo sebelum nya Gubernur memprioritaskan ASN pemimpin daerah Tebo tidak diambil dari ASN yang berlatar belakang TNI/Polri.


    Efektifkah jabatan Plt dalam melakukan kebijakan terhadap program yang sudah ada dan sedang dikerjakan Bupati yang lama, bagaimana jika Plt tersebut ingin mengambangkan program-programnya yang mungkin memakan waktu yang lama, karena kita tahu bahwa setiap kebijakan  dan program kerja yang diambil dan dilakukan oleh Bupati akan berganti-ganti sesuai dengan orang yang menjabat berdasarkan RPJMD. Dengan hanya 1 tahun menjabat dan dapat diperpanjang nantinya 1 tahun lagi apakah semua kebijakan dan program yang dilakukan Plt dapat dilaksanakan dan dijalankan dengan baik dan tepat sararan, bahwa Plt memiliki wewenang dan tugas yang sama dengan Bupati Definitif, mengingat Bupati yang masa jabatannya 5 tahun aja terkadang kurang waktu untuk menjalankan setiap program yang menjadi prioritas saat kempanye politiknya.


    Apakah ASN yang menjadi Plt Bupati nantinya akan di lirik oleh partai untuk ikut dan menjadi kontestan pemilu bakal calon Bupati kabupaten Tebo tahun 2024 menginggat dengan masa jabatan 1 tahun dan masih bisa di perpanjang 1 tahun lagi ini akan membuat masyarakat kabupaten Tebo akan melihat kinerja dalam melakukan/melaksanakan program-program pemeritahan kabupaten Tebo, dan tidak menutup kemungkinan pekerjaan yang dilakukan selama itu mendapat simpati dan dukungan yang banyak dari masyarakat Tebo. yang membuat namanya menjadi kandidat calon Bupati Tebo yang terkuat dengan dukungan masyarakat yang tinggi dan menjadi Bupati terpilih dipilkada 2024. Hal ini tentulah sangat-sangat diperhitungkan oleh semua partai yang ada di kabupaten Tebo untuk meminangnya untuk menjadi bakal calon Bupati dari partanya. Dengan ketentuan-ketuan yang di atur dalam UU ASN mengenai seorang pengawai negeri sipil yang mencalonkan menjadi kepala daerah wajib menyatakan pengunduran diri secara tertulis dari PNS sejak mendaftar sebagai calon.


    Bagaimana Negara demokrasi melihat kepala daerah yang ditunjuk menjadi Plt. Kita tahu bahwa Indonesia merupakan Negara hukum dan juga Negara demokrasi , yang mana cirri dari negara demokrasi adalah kedaulatan berada di tangan rakyat. Yang mana semua pemimpin Negara baik di tingkat pusat maupun daerah semua dipilih oleh rakyat atau warga negara. Terus dengan ditunjuknya Plt Bupati kabupaten Tebo oleh Negara ini sangat bertentangan dengan teori dasar dari demokrasi, yang mana sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Namun jika pun Bupati ditujung oleh Negara seharusnya waktu atau masa jabatan seorang Plt Bupati tidak lah selama 2 tahun akan datang karena setahu penulis dinegara demokrasi pemimpin yang ditunjuk itu satu atau tiga bulan paling lama namun ini di Negara kita nanti akan ada kemungkinannya Plt Bupati sampai dengan masa jabatanya 2,5 tahun ini berarti hampir setengah dari masa jabatan Bupati Definitif.


    Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Sukandar

    https://www.Tebokab.go.id/page/Bupati-Tebo-dari-masa-ke-masa.html


    Penulis: Abdurrahman Wahid, SH, M.Kn,, warga Desa Semabu, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Jambi.


    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini