-->
  • Jelajahi

    Copyright © Portal Tebo I Anda Baca, Anda Ketahui
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    Cegah Penyebaran covid-19, Babinsa Koramil 09/Tp Lakukan Tracing dan Edukasi Protkes ke Warga

    Redaksi
    17/02/22, 19:20 WIB Last Updated 2022-02-17T12:20:20Z
    masukkan script iklan disini

     


    PORTALTEBO.id, Jambi-     Pemerintah dituntut untuk terus melakukan upaya-upaya dalam menghadapi serangan covid-19. Segala macam strategi untuk menangani masalah ini sudah dilakukan mulai dari identifikasi kasus, isolasi dan karantina, pemeriksaan/pengujian (Testing), perawatan (Treatment) dan pelacakan kontak (contact tracing). Namun masih saja ada pemberitaan tentang warga yang terkonfirmasi positif covid-19.


    Setelah ditemukan varian baru, menjadi tantangan tersendiri, sebab meskipun tidak menimbulkan gejala yang berat atau bahkan tak bergejala sama sekali, kita dituntut untuk tetap waspada karena penyebaran varian baru (Omicron) ini tiga kali lebih cepat bermutasi daripada varian sebelumnya yakni varian delta, sehingga memudahkan terjadi gelombang kasus covid-19. 


    Sejauh ini pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus varian baru, kurang lebih sama dengan pencegahan varian sebelumnya, yakni melakukan vaksinasi. 


    Vaksinasi masih menjadi cara paling efektif untuk mengurangi tingkat penyebaran virus corona. Namun langkah ini akan jauh lebih efektif bila diiringi dengan meningkatkan jumlah testing dan menerapkan protokol kesehatan (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas). 


    Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 415-09/Telanaipura Sertu Rudi Yanto dan petugas dari PKM Putri Ayu, Bhabinkamtibmas dan Lurah Selamat Kec. Danau Sipin untuk melakukan tracing terhadap salah satu warga RT. 14 Kel. Selamat bernama Syuryadi (56) yang positif covid-19, Kamis (17/02/2022). 


    Selain mencari kontak erat terhadap pasien suspect covid-19, Rudi (sapaan Sertu Rudi Yanto) juga memberi edukasi tentang protokol kesehatan. 


    Menurutnya, sebagian besar masyarakat telah memahami tentang protokol kesehatan, namun seringkali diabaikan dan perlu untuk disampaikan kembali.


    "Tracing dapat membantu menghentikan penyebaran virus. Tanpa upaya contact tracing, covid-19 akan terus menyebar di masyarakat." tutur Rudi. 


    Kita semua lebih aman ketika covid-19 dihentikan di jalurnya. Dengan melakukan vaksin, menerapkan protokol kesehatan dan bekerjasama, kita dapat menahan penyebaran virus dan menyelamatkan lebih banyak nyawa, harapnya. (red)


    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini