-->
  • Jelajahi

    Copyright © Portal Tebo I Anda Baca, Anda Ketahui
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    Gubernur Al Haris Apresiasi Tradisi "Sedekah Payo" Turun ke Sawah

    Redaksi
    02/03/22, 15:24 WIB Last Updated 2022-04-24T08:26:30Z
    masukkan script iklan disini


     PORTALTEBO.id, Muarojambi – Gubernur Jambi, Al Haris mengapresiasi kegiatan Sedekah payo (Turun ke Sawah) yang memiliki nilai positif bagi masyarakat, karena kegiatan ini merupakan kearifan lokal yang mengajarkan saling membantu, gotong royong, memelihara dan meningkatkan kepedulian sosial, bermusyawarah dalam mengambil keputusan, dan berdoa sebelum melaksanakan pekerjaan khususnya sebelum melakukan tanam padi. Hal tersebut disampaikan Gubernur Al Haris saat menghadiri Sedekah Payo, bertempat di Desa Sarang Burung Simpang Limo Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi, Selasa 22 Februari 2022.


    “Saya sangat mengapresiasi tradisi khas yang sangat positif bagi masyarakat yaitu Sedekah Payo di Desa Sarang Burung dan Simpang Limo ini. Kegiatan ini memiliki makna bahwa petani telah memberikan berkah yang luar biasa, tak hanya hasilnya bisa dinikmati untuk keberlangsungan hidup manusia, namun juga keindahan sawah dapat memberikan ketenangan dan kesejukan bagi jiwa manusia,” ujar Gubernur Al Haris.


    Gubernur Al Haris menuturkan, dalam kegiatan Sedekah Payo ini, masyarakat melakukan doa bersama, yang merupakan tradisi warisan dari nenek moyang dan masyarakat terus melestarikannya sebelum melaksanakan proses penanaman padi di sawah. “Kegiatan ini mencerminkan perhatian kita terhadap tradisi yang sangat positif dari orangtua terdahulu yang tentunya untuk kebaikan bagi masyarakat semua, terlebih lagi sebelum melakukan Sedekah Payo terlebih dahulu melakukan musyawarah,” tutur Gubernur Al Haris.


    Gubernur Al Haris mengungkapkan Pemerintah Provinsi Jambi  sangat mendukung Sedekah Payo dan siap membantu memfasilitasi kelompok tani melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi. Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, maupun Pemerintah Kabupaten dan Kota memberikan perhatian besar untuk mewujudkan swasembada dan ketahanan pangan, terutama swasembada beras, karena petanilah merupakan ujung tombak dalam mewujudkan swasembada beras.


    “Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat Jambi  sejalan dengan visi pembangunan Provinsi Jambi yaitu Visi Jambi MANTAP (Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional) dibawah Ridho Allah Subhanahu Wa Ta’ala, dengan misi kedua Memantapkan Perekonomian Masyarakat dan Daerah,” ungkapnya.


    “Tahun ini Pemerintah Provinsi Jambi mulai menurunkan program Dua Miliar Satu Kecamatan (DUMISAKE), untuk membantu permasalahan yang ada di desa misalnya untuk normalisasi sungai, pembangunan infrastruktur desa dan lainnya. Kepala Desa juga bisa mengajukan proposal kepada Pemerintah Provinsi Jambi untuk meminta bantuan dan Pemerintah Provinsi Jambi siap membantu,” lanjutnya.


    Al Haris juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak mengganti lahan persawahan yang ada menjadi lahan sawit dan mengharapkan hasil produksi pertanian di Desa Sarang Burung Simpang Lamo terus meningkat dan membantu swasembada beras di Provinsi Jambi. (adv)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini