-->
  • Jelajahi

    Copyright © Portal Tebo I Anda Baca, Anda Ketahui
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    Enam Poin Yang Dirasakan Pengendara Saat Melintasi Jalan Rusak dan Berlubang

    Redaksi
    06/04/22, 19:13 WIB Last Updated 2022-04-06T12:13:07Z
    masukkan script iklan disini

     


    PORTALTEBO.ID - Jalan yang baik adalah jalan yang tidak rusak. Kerusakan jalan sering terjadi di sekitar kita baik yang diakibatkan dari faktor umur jalan yang sudah tua atau yang diakibatkan kualitas jalan yang gak sesuai dengan beban jalan yang berlebih, dan banyak faktor lainya yang  itu semua mengakibatkan jalan itu rusak baik berlubang maupun itu bergelombang, untuk sekarang Jalan merupakan media penghubung antara satu tempat ke tempat lainnya. Maka dari itu Semakin baik infrastruktur jalan, maka mobilitas manusia dan distribusi barang jasa dijamin mengalir lancar.


    Sebaliknya, bila infrastruktur jalan rusak, maka mobilitas manusia terganggu dan distribusi barang jasa ikut tersendat dan ongkos bertambah mahal.


    Apa itu jalan ? Berdasarkan uu no 2 tahun 2022 perubahan kedua atas UU No 38 tahun 2004 tentang  jalan. jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segala bagian jalan, termasuk bagunan pelengkap dan perlengkapan yang diperlukan bagi lalu lintas , yang berada pada permukaan tanah , dibawah permukaan tanah dan/atau air serta diatas permukaan air kecuali kareta api, jalan lori dan jalan kabel.

    Jenis – jenis jalan berdasarkan hak penggunaannya

    1. jalan umum adalah jalan yang diperuntukan bagi lalu lintas umum

    2. jalan Tol adalah Jalan Bebas Hambatan yang merupakan bagian Sistem Jaringan Jalan dan sebagai Jalan nasional yang penggunanya diwajibkan membayar.

    Tol adalah sejumlah uang tertentu yang dibayarkan untuk penggunaan jalan tol.

    1. jalan Khusus adalah Jalan yang dibangun dan dipelihara untuk kepentingan sendiri oleh badan usaha milik negara, badan usaha milik daerah, badan usaha berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum, perseorangan, kelompok masyarakat, dan/atau instansi Pemerintah Pusat dan/ atau Pemerintah Daerah selain Penyelenggara Jalan.

    Jalan di Kabupaten Tebo masih banyak jalan yang rusak parah, yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat.


    Penulis ingin menceritakan pengalaman pribadi terkait jalan yang rusak tersebut, walupun menurut pikiran penulis Pemerintah Kab Tebo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setiap tahunnya pasti sudah melaksanakan program untuk pembangunan, peningkatan dan pemeliharaan jalan dan jembatan. Namun faktanya untuk sekarang kondisi jalan masih banyak yang rusak. Mungkin banyak faktor-faktor yang menjadi terkendalah bagi pemerintahan  Kab Tebo baik untuk pembangunan jaln baru, peningkatan maupun pemeliharaan jalan yang telah ada, dan penulis tidak ini ingin berbicara lebih jauh tentang itu. Yang jelas ini merupakan apaYang dirasakan penulis saat berkendaraan melewati jalan tersebut, yaitu :

    Satu, jalan yang rusak dan berlubang membuat tidak nyaman dan terguncang saat berkendara, ini mengakibat penulis tidak menikmati pemadangan saat berkendara dan tidak hanya itu berkendara menbuat badan penulis pegal-pegal yang ini mebuat beraktivitas selanjutnya terganngu karena moodny yang gak enak membuat penulis ingin beristirahat saja dengan tidur-tiduran. Lubang yang ada pasti ditambal,  Penambalan adalah salah satu cara perbaikan jalan yang dilakukan, namun terkadang tambalan ini membuat jalan tidak rata, apakah ada masalahnya cara menambalnya ?

    Dua, adanya rasa ketakutan dalam diri penulis saat berkendara,  dengan banyaknya lubang tersebut banyak mengakibatkan masyarakat yang terjatuh baik yang gak parah maupun yang mengakibatkan meninggal dunia di jalan , hal tersebut membuat mental dan pikiran penulis terganggu akan semua kejadian itu, apalagi penulis sendiri pernah juga mengalimi kecelakan yang diakibatkan jalan yang berlubang. Walaupun ini sebenarnya ini bisa diatasi dengan kehati-hatian setiap pengendara namun juga kita tidak pernah tahu terhadap musibah yang ada karena penulis juga pernah berkendara dengan berhati-hati namun ada aja pengendara lain yang ngebut dan mau menghindari lubang terus menabrak penulis dari belakang. Namun dengan jalan yang berlubang dan bergelombang akan membuat resiko dari kecelakaan dijalan akan meningkat. 

    Tiga, barang-barang yang rusak atau yang hilang karena berkendaraan, penulis sendiri memiliki pengalaman yang mana saat itu dari rumah mau kepasar mau beli belanja sayur atau makanan dan lainya mengunakan motor yang mana semua belajaan itu diikat di depan motor kebetulan motor penulis yaitu vario namun saat sampai rumah barang belajaan ada yang hilang atau terjatuh dari motor tersebut. Dan saat di lihat lagi dimana tercecernya barang tersebut ternyata sudah rusak terlidas oleh kendaraan yang lain. Dan kejadian ini tidak terjadi Cuma sekali yang penulis alami karena jalan yang rusak akan mudah membuat barang-barang yang kita bawah akan jatuh dan tercecer.

    Empat, sparepak kendaran rusak, kondisi jalan yang berlubang seperti itu mengakibatkan kerusakan pada sparepart kendaraan yang diakibatkan guncangan-guncangan dijalan yang berkali terjadi tersebut membuat lama kelamaan menjadi longgar dan copot. Dan tidak hanya itu pengalaman penulis saat mengendari motor karena di jalan itu banyak batu krikil dan pecahan aspal yang mengelupas dan kedaran yang didepan slip terhadap batu hinga batu tersebut melanting mengenai kaca lampu motor penulis hinga pecah. Dengan jalan yang bergelombang mebuat ban cepat habis.

    Lima, lama dijalan,  kondisi jalan rusak membuat waktu perjalanan tidak efisien. Kemacetan, ekstra hati-hati dengan kecepatan terbatas layaknya kura-kura dan kondisi fisik dan psikis yang terkuras ketika melalui jalan rusak, berdasarkan pengalaman penulis untuk mau nongkrong sama teman-teman pada malam hari ini pun takut untuk mau keluar karena jalan yang rusak takut akan hal-hal yang tidak diinginkan dijalan, ini membuat mobilitas penulis terganggu. Berdasarkan pengalaman itu juga pengusaha café atau tempat nongkrong akan terganggu dengan pengahsilannya, belum lagi kalau kita lihat dari segi ekonomi yang mana ini akan mempengaruhi terhadap usaha barang dan jasa akan terganggu karena kita tahu dari teori ekonomi semakin lama distribusinya barang akan membuat barang akan mahal. Ini membuat daya beli masyarakat akan berkurang.    

    Enam, debu, jalan yang rusak di tambah dengan musim kemarau akan membuat akan ada debu dan polusi dari asap kendaraan, berdasarkan pengalaman penulis pada saat bulan februari kemaren mengalami sakit batuk yang berkelanjutan, mungkin ini juga ada pengaruhnya dari adanya debu dan polusi asap kendaraan secara tidak langsung karena yang kita tahu bahwa kalau kita secara terus-menerus menghirup udara yang tercemar akibat debu dan polusi asap kendaraan akan berbahaya bagi kesehatan kita. 

    Berdasarkan pengalaman Penulis tersebut berharap semoga jalan yang rusak , bergelombang, dan berlubang itu dapat segera dilakukan perbaikan oleh pemerintah daerah , maupun pemerintah pusat. Karena kita tahu bahwa Secara tidak langsung kondisi jalan mencerminkan seberapa peduli dan seberapa kompeten penguasa terhadap daerah yang dipimpinnya karena ini merupakaan tanggung jawabnya. Dan untuk pengguna jalan yaitu masyarakat kab Tebo sendiri pesan dari penulis untuk tetap berhati-hati dalam berkendaraan dan tetap taati rambu-rambu lalu lintas. 


    Penulis: Abdurrahman Wahid, SH, M.Kn,, warga Desa Semabu, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Jambi.

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini