-->
  • Jelajahi

    Copyright © Portal Tebo I Anda Baca, Anda Ketahui
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    Kenang Jasa Pahlawan, Koramil 416-05/Muara Tebo Bersihkan Makam Sulthan Thaha Syaifuddin

    Redaksi
    12/05/22, 12:01 WIB Last Updated 2022-05-12T05:01:13Z
    masukkan script iklan disini

     


    PORTALTEBO.id - Untuk menghormati jasa para pahlawan, Anggota Koramil 416-05/Muara Tebo gelar kerja bakti membersihkan makam pahlawan Nasional Sulthan Thaha Syaifuddin, di Kelurahan Muara Tebo, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Jambi, Kamis (12/05/2022).


    Kegiatan bakti sosial ini dipimpin langsung oleh Danramil 416-05/Muara Tebo, Kpt Inf T Marpaung. Dikatakannya, kegiatan gotong royong ini sebagai bentuk penghargaan sekaligus mengenang jasa para pahlawan yang berjuang mendapatkan kemerdekaan RI.


    "Kami akan selalu bersama rakyat melalui kemanunggalan menjaga NKRI, karena bagaimana pun juga TNI kuat bersama rakyat," kata Kpt T Marpaung.



    Dijelaskannya, Sultan Thaha Syaifuddin merupakan salah seorang perjuangan nasional Indonesia. Beliau adalah seorang sultan terakhir dari Kesultanan Jambi yang dilahirkan di Keraton Tanah pilih Jambi pada pertengahan tahun 1816. 


    Ketika kecil, Sulthan Thaha Syaifuddin biasa dipanggil Raden Thaha Ningrat dan bersikap sebagai seorang bangsawan yang rendah hati dan suka bergaul dengan rakyat biasa.


    Pada pertempuran di Sungai Aro, jejak Sultan Thaha tidak diketahui lagi oleh rakyat umum, kecuali oleh pembantunya yang sangat dekat.


    Sultan Thaha Syaifuddin meninggal pada tanggal 26 April 1904 dan dimakamkan di Kabupaten Muara Tebo, Jambi. Namanya diabadikan untuk Bandar Udara Sultan Thaha di Kota Jambi.


    "Sangat besar jasa beliau dalam memerdekakan Indonesia. Jasanya wajib kita kenang sepanjang masa," kata Danramil. (P01)


    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini