-->
  • Jelajahi

    Copyright © Portal Tebo I Anda Baca, Anda Ketahui
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    Para Temenggung SAD Berkumpul di Tebo, Mau Bertemu Kajati Jambi

    Redaksi
    17/05/22, 20:35 WIB Last Updated 2022-05-17T13:35:57Z
    masukkan script iklan disini

     


    PORTALTEBO.id - Sejumlah Temenggung Suku Anak Dalam (SAD) berkumpul di Kota Tebo, Selasa malam, 17 Mei 2022.


    Para temenggung ini berkumpul di Sekretariat Yayasan Orang Rimbo Kito (ORIK), Simpang Limo, Kelurahan Muara Tebo, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo, Jambi.


    Ketua ORIK, Ahmad Firdaus mengatakan, Temenggung yang berkumpul adalah perwakilan dari SAD Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) dan perwakilan SAD dari Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD), Jambi.


    "Dari TNBT Temenggung Apung dan Temenggung Tupang Besak. Dari TNBD Temenggung Ngadap," kata Firdaus saat mendampingi para temenggung.


    Dijelaskannya, Temenggung Apung ke Tebo didampingi (bersama) Topek. Temenggung Tupang Besak bersama Malenggang dan Temenggung Ngadap besama Nyerah.


    Firdaus menjelaskan, kedatangan Temenggung ini untuk menyambut kedatangan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi, Sapta Subrata, SH. 


    "Besok pagi Kajati Jambi ke Tebo. Kami mau menyambut kedatangan beliau," ujar Firdaus.


    Kembali dijelaskan Firdaus, Yayasan Orang Rimbo Kito (ORIK) merupakan lembaga yang fokus melakukan pendampingan dan pemberdayaan terhadap SAD dan masyarakat yang berada disekitar SAD.


    Dalam struktur kepengurusan, Kejati Jambi merupakan pembina ORIK. "Jadi para Temenggung ini ingin bertemu dan bersilaturahmi dengan pembina mereka," kata dia.


    Untuk diketahui, kata Firdaus, ada empat kelompok SAD yang berada dibawah dampingan ORIK yakni, Temenggung Apung dan Temenggung Tupang Besak di Desa Muara Kilis Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo, Temenggung Ngadap di Desa Tanah Garo Kecamatan Muara Tabir Kabupaten Tebo dan Temenggung Bujang Hitam Kecamatan Renah Mendaluh Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi.


    Temenggung Apung membenarkan jika kedatangan dia ke Tebo untuk bertemu dengan Kajati Jambi. "Kata pendamping kami besok bapak pembina kami ke Tebo, makanya kami malam ini ke Tebo untuk menyambut kedatangan bapak pembina kami," kata Temenggung. (P01)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini