-->
  • Jelajahi

    Copyright © Portal Tebo I Anda Baca, Anda Ketahui
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Iklan

    Implementasi Big Data Di Era 5.0

    Redaksi
    22/06/22, 14:42 WIB Last Updated 2022-06-22T07:42:02Z
    masukkan script iklan disini

     


    Big Data merupakan Istilah yang menggambarkan volume besarnya data baik terstruktur maupun tidak terstruktur. Belum lama ini kita sering mendengar istilah big data dikarenakan ada ucapan soal big data oleh menteri Luhut Binsar Pandjaitan. Terlepas dari soal isu politik, penggunaan big data saat ini belum awam bagi masyarakat di pedesaan.  Saat ini penggunaan big data sangat masif. Baik untuk hal yang baik ada juga untuk hal negatif. Badan Pusat Statistik sendiri melakukan kajian Big data sebagai pelengkap data dan informasi statistik ekonomi yang di publish di laman BPS. Sedangkan website Big data juga di buat oleh BPS dimana Big data menjadi sumber data baru dalam mendukung analisis statistik. Dimana websitenya : https://bigdata.bps.go.id/ 

    Adapaun implementasi Big Data bagi pelaku usaha seperti :

    mencari strategi yang tepat

    Dalam melakukan usaha tentu kita butuh mengetahui apa saja strategi pemasaran untuk mencapai keuntungan oleh karena para pelaku usaha harus memanfaatkan teknologi yang ada. Mulai dari big data yang tentu banyak memiliki keunggulan, penggunakaan big data dalam dunia usaha mampu memberikan arah dan strategi baru dalam berbisnis. Hal ini dikarenakan adanya analisis yang dilakukan oleh big data sehingga perusahaan atau pelaku usaha akan mengurangi resiko dari ber bagai hal yang mengakibatkan kerugian. 

    memaksimalkan platform media sosial

    saat ini platform sosial media sangat penting dalam melakukan promosi produk, dikarenakan pengguna platform sosial media sangat besar. Setiap pelaku usaha harus melakukan inovasi produk yang dikeluarkannya akan tetapi harus tahu tingkat kebutuhan dan penilain dari masyarakat. Salah satu manfaat big data, mampu mengetahui berbagai penilaian masyarakat atau keinginan customer terhadap produknya. Dengan cara mengoptimalkan fitur media sosial maka apabila terdapat customer yang menyebutkan atau menuliskan nama produk akan dengan mudah melakukan identifikasi. Data yang ada kemudian diambil disimpan di big data lalu di cocokan dengan kebutuhan customer. Biasanya ads personalization digunakan e-commerse sehingga penggunanya yang tertarik dengan suatu barang tidak usah mencari barang tersebut namun langsung muncul dalam iklan saat berselancar dalam internet. Dengan menggunakan ads personalization pelaku usaha bisa meningkatkan awareness brand.

    menjaga hubungan pelaku usaha dengan customer 

    sebagai pelaku usaha pasti ingin suatu pembangunan yang penting dalam segala produk yang dikeluarkan. kendala-kendala yang ada biasanya terletak pada konsumen atau pelanggan produk tersebut. Tentu pemanfaat big data memeliki manfaat yang besar seperti, memahami bagaimana respon pelanggan terhadap produk yang dikeluarkan. mampu mengetahui minat pelanggan terhadap produk yang dikeluarkan. mampu mengetahui minat pelanggan terhadap produk.Dengan hal tersebut, perusahaan akan selalu melakukan berbagai perkembangan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Metode ini berguna bagi untuk perusahaan yang menggunakan data untuk membagi pelanggan menjadi beberapa kelompok sesuai dengan kebutuhan mereka. Sehingga kelompok yang bukan merupakan prioritas perusahaan mendapat produk dengan harga yang sesuai. Perubahan harga ini didasari dengan informasi yang telah didapatkan melalui Data Science dan berbagai faktor pendukung lainya. Contoh dari dynamic pricing  itu sendiri umumnya digunakan pada aplikasi e-commerce. Mereka membedakan pengguna baru dengan pengguna lama. Sehingga pengguna baru mendapat diskon yang membuat pengguna baru merasa nyaman menggunakan aplikasi perusahaan.

    Semakin banyaknya data tentu harus memilah-milah data yang baik dan data sampah agar memperoleh hasil yang baik juga. Proses pengumpulan data mulai dari Crawling data dan Scraping data bisa dilakukan agar data menjadi valid.

    Tentu pemanfaat big data bagi masyatakat saat ini sangat membantu masyaraakat dimana era dunia digital yang tumbuh sangat pesat. Analisis menggunakan data yang ada di masyarakat bisa menjadi rujukan dalam menentukan usaha apa yang di butuhkan masyatakat. 

    Semakin luasnya penggunaan big data tentu pemerintah harus merugalasikan kebijakan apa saja yang bisa merugikan pihak pemilik data dengan pengguna data. Terutama mengenai data pribadi disuatu aplikasi dapat bocor atau di jual oleh perusahaan untuk tujuan tertentu. Mengambil istilah dari Bapak Presiden Joko Widodo yang mengata data adalah minyak terbarukan. Maka pemanfaat data yang baik di harapkan mampu mendorong perekonomian bangsa.

    Lina Marlina, S.Si / Staf BPS. Kab Tebo


    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini