• Sabtu, 20 Agustus 2022

Sekolah Penggerak di Tebo Bakal Menerapkan Kurikulum Merdeka

- Senin, 6 Juni 2022 | 14:30 WIB
Fasilitator Guru Penggerak dari Balai Guru Penggerak Provinsi Jambi saat memberikan pelatihan. (Ade. S)
Fasilitator Guru Penggerak dari Balai Guru Penggerak Provinsi Jambi saat memberikan pelatihan. (Ade. S)

PORTALTEBO.id, Tebo - SD Negeri 095/VIII Karang Dadi terus membenahi diri serta mamantapkan wawasan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan mengundang Fasilitator Guru Penggerak dari Balai Guru Penggerak Provinsi Jambi.

Hadir dalam pelaksanaan In House Training Implementasi Kurikulum Merdeka yang digelar selama delapan hari, dari tanggal 4 hingga 12 Juli mendatang, Indra Kusuma Nasution, S.Si., M.Kom, yang merupakan Fasilitator Guru Penggerak pada Balai Guru Penggerak Provinsi Jambi.

Pada kesempatan tersebut Indra Kusuma Nasution menegaskan bahwa Sekolah Penggerak yang sudah mengikuti proses pelatihan dan bimbingan sejak 9 Mei hingga 14 Juni lalu akan menerapkan Kurikulum Merdeka pada Tahun Ajaran baru mendatang.

"Pada tahun ajaran baru ini akan dimulai dari kelas satu dan kelas empat, karenanya Bapak Ibu, terutama Sekolah Penggerak agar memacu diri untuk kesiapannya,"tegasnya di Kantor SD Negeri 095/VIII Karang Dadi.

Dikatakannya juga bahwa guru bisa mempelajari Kurikulum Merdeka ini melalui platform merdeka mengajar (PMM) yang dapat digunakan melalui smartphone atau android. Selain itu juga bisa mengakses platform Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

"Para guru juga bisa mengikuti pelatihan mandiri melalui PMM, namun saat ini di beberapa wilayah baik itu di tingkat KKG Kecamatan juga Kabupaten banyak yang melaksanakan workshop,"timpalnya.

Sementara itu untuk diketahui bahwa sebelumnya  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo diwakili Irwan Okta Dwi Kurnia, SE membuka secara resmi In House Training Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Sekolah Penggerak SD Negeri 095/VIII Karang Dadi pada Senin, 4 Juli 2022. 

Hadir dalam acara tersebut seluruh Majelis Guru dan Koordinator Pengawas Sekolah Dasar Wilayah I Kecamatan Rimbo Ilir Bapak Suyoto, S.Pd, M.Pd.

Dalam sambutannya, Irwan Okta Dwi Kurnia, SE menjelaskan bahwa Program Sekolah Penggerak ini bertujuan untuk membangun ekosistem sekolah dan meramu bagaimana proses pembelajaran menyenangkan bagi siswa.

"Kedepan melalui kurikulum merdeka ini terciptanya ekosistem sekolah kita kolaboratif dalam segala hal, terkait kurikulum kedepan kita bukan menjadi pelaksana, tetapi pemilik kurikulum yang tentunya akan melaksanakan kurikulum tersebut, sebagai fasilitator,"ujarnya.

Halaman:

Editor: Syahrial.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harus Tahu, Ini Info Lengkap Program Studi IAI Tebo

Selasa, 2 Agustus 2022 | 12:11 WIB
X