• Selasa, 6 Desember 2022

UPDATE HUT RI ke 77: Sejarah Lagu Indonesia Raya oleh W.R Soepratman Dulunya dari Guru jadi Wartawan, Baca!

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 10:34 WIB
Wage Rudolf Soepratman.  (Dok.Wikipedia)
Wage Rudolf Soepratman. (Dok.Wikipedia)

PORTALTEBO.id - Perayaan HUT RI ke 77 semakin dekat. Salah satu bagian dari kegiatan upacara penaikan bendera merah putih adalah kelompok paduan suara menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Layaknya sebuah Mars, Lagu Indonesia Raya memberikan rasa semangat bagi kita Bangsa Indonesia yang saat ini menikmati udara kebebasan, tanpa penjajahan. Merdeka!

Tahukah siapa pencipta lagu Indonesia Raya? jawabannya adalah W.R Soepratman dengan nama panjang Wage Rudolf Soepratman.

Ternyata, sebelum menjadi lagu kebangsaan seperti sekarang, sang pencipta lagu, Wage Rudolf Soepratman, harus melewati perjuangan yang tak mudah.

Wage Rudolf Soepratman biasa di sebut W.R Supratman terlahir pada tanggal 19 Maret 1903. Sebelumnya, Beliau berprofesi sebagai guru dan memiliki keterampilan sebagai pemain musik.

Lalu, Wage Rudolf Soepratman memutuskan menjadi wartawan Kaoem Kita (1924-1925) dan Sin Po (1926-1933). Wage Rudolf Soepratman adalah orang yang disiplin. Tercatat sebagai salah satu pemuda yang tidak pernah absen menghadiri Kongres Pemuda I dan II, pada waktu itu.

Baca Juga: Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 77 Tahun 2022, Walikota Sungai Penuh Bagikan 4.000 Bendera Merah Putih

Awal mula Penciptaan lagu Indonesia Raya oleh Wage Rudolf Soepratman bermula ketika beliau membaca artikel mengenai “Manakah komponis Indonesia yang bisa menciptakan lagu kebangsaan Indonesia yang dapat membangkitkan semangat rakyat?”

Artikel tersebut ada di majalah Timboel terbitan Solo. Pikiran, Hati dan perasaan W.R Soepratman kemudian tergerak. Lalu pada suatu malam tepatnya pada tahun 1926, Wage Rudolf Soepratman mulai menuliskan not-not lagu Indonesia dan membuat lagu dengan alat musik yang terampil ia mainkan yaitu biola.

Baca Juga: 10 Quotes Keren Tentang Kemerdekaan dari Bung Karno dan Tokoh lainnya Bisa dibagikan Saat Perayaan HUT RI 77

Pada Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928 di Gedung Indonesische Clubgebouw, Jl Kramat Raya 106 lagu Indonesia Raya pertama kali dibawakan dengan alat musik biola dan tanpa lirik. Sebagian peserta kongres mencoba merangkul W.R. Supratman dengan mata berkaca-kaca. Ada yang bertepuk tangan. Ada Pula yang bersorak meminta lagu dimainkan ulang. Sebaliknya, perwakilan pemerintah kolonial serta polisi rahasia Belanda terbengong-bengong. Mereka tak mengerti apa yang baru saja terjadi. Mereka menganggap lagu yang dimainkan tidak lebih dari hiburan semata dan tidak berbahaya.

Halaman:

Editor: Redaksi

Sumber: kemendikbud, Beragam Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arti Ulang Tahun Tebo Menurut Himaste

Rabu, 12 Oktober 2022 | 15:13 WIB
X