Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

- Selasa, 15 November 2022 | 07:51 WIB
Pedagang di pasar tradisional Tanjung Bungur Tebo. (Portal Tebo)
Pedagang di pasar tradisional Tanjung Bungur Tebo. (Portal Tebo)

PORTALTEBO.id – Dalam aktivitas perekonomian, di dalamnya akan selalu muncul permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang keduanya tidak dapat dipisahkan.

Dengan adanya permintaan dan penawaran ini maka akan terbentuk titik titik kesepakatan. Penawaran dan permintaan menjadi salah satu indikator penentu harga pasar.

Penawaran sendiri adalah banyaknya barang atau jasa tersedia yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen dengan beragam harga selama periode waktu tertentu.

Jika dilihat dalam Ilmu Ekonomi Makro, baik permintaan dan penawaran telah mempunyai hukum yang berlaku untuk memudahkan dalam menganalisa dari segi ekonomi. Dimana, hukum penawaran mengatur tentang interaksi antara penjual dan pembeli dalam bertransaksi.

Bunyi hukum penawaran adalah sebagai berikut:

“Bila tingkat harga naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik. Bila tingkat harga turun, maka jumlah barang yang ditawarkan akan turun.”

Jika dalam hukum permintaan harga barang yang meningkat akan menurunkan permintaan pada barang tersebut, sebaliknya pada hukum penawaran akan meningkatnya penawaran suatu barang. 

Bisa diartikan bahwa antara harga dengan jumlah barang yang ditawarkan memiliki korelasi yang positf karena mempunyai arah perubahan yang sama. 

Jika dilihat dari sisi penjual, mereka akan berusaha meraih keuntungan secara maksimal dengan meningkatkan jumlah barang yang dijual. Dengan harga barang yang tinggi, maka keuntungan dari penjualannya akan meningkat, sehingga mereka akan menawarkan jumlah barang yang lebih banyak. 

Namun, jika harganya menurun, maka mereka akan mengurangi produksi di pasaran hingga harganya naik kembali.

Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran:

1. Adanya sumber daya yang tersedia

Perlu diketahui bahwa penawaran bisa terjadi bila ketersediaan barang mencukupi. Jika barang atau jasa yang ditawarkan langka, maka hal ini akan mempengaruhi kenaikan harga. Selain itu, kelangkaan barang dan jasa juga bisa berpengaruh langsung pada elastisitas penawaran.

2. Faktor penjual atau produsen

Halaman:

Editor: Syahrial.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Cara Jualan Online Di Blibli.com

Sabtu, 28 Januari 2023 | 07:58 WIB
X