• Sabtu, 20 Agustus 2022

Jaksa di Bungo Musnahkan Barang Bukti 78 Perkara

- Jumat, 29 Juli 2022 | 02:57 WIB
Kajari Bungo saat memusnahkan barang bukti dengan cara dibakar. (Syahrial )
Kajari Bungo saat memusnahkan barang bukti dengan cara dibakar. (Syahrial )

PORTALTEBO.id, Bungo - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bungo memusnahkan barang bukti hasil sitaan dari 78 perkara tindak pidana umum, yang telah berkekuatan hukum tetap (Inkrah), pada Periode Mei 2021 sampai dengan Juli 2022.

Kepala kejaksaan Negeri Bungo, Sapta Putra mengatakan, pemusnahan barang bukti yang dilakukan dengan tindak pidana umum seperti Narkotika, pencurian, pelanggaran terhadap UU Darurat No. 12 Tahun 1951, serta tindak pidana umum lainnya yang telah diputuskan oleh Pengadilan Negeri Bungo.

"Pemusnahan yang dilakukan, terhadap barang bukti yang terdiri dari 78 Perkara tindak pidana umum, dari Periode Mei 2021 sampai dengan Juli 2022," kata Sapta Putra, Kepala Kejaksaan Negeri Bungo, Kamis (21/07).

Dirinya menyebutkan, barang bukti yang dilakukan pemusnahan yang dihalaman kantor Kejaksaan Negeri Bungo, berupa Narkotika seperti Sabu, Ganja dan Pil Ekstasi, serta barang bukti lainnya seperti Handphone dan Senjata Tajam.

"Barang bukti yang kita musnahkan seperti Narkotika jenis Sabu seberat 396,41 gram, Ganja seberat 138,613 gram, narkotika jenis pil ekstasi sebanyak 4 butir dan timbangan digital 12 buah. Serta barang bukti lainnya, berupa Handphone dan Senjata Tajam," ujarnya.

Pada pemusnahan yang dilakukan saat ini, dihadiri oleh Perwakilan Ketua Pengadilan Negeri Muara Bungo, Perwakilan Lapas Bungo, Waka Polres Bungo, serta juga dihadiri oleh seluruh para Kasi dan staf dari Kejaksaan Negeri Bungo.

Ia menuturkan, semua barang bukti yang dimusnahkan saat ini, merupakan barang bukti hasil sitaan negara ini, karena putusan perkara tindak pidananya telah berkekuatan hukum tetap (inkrah) dari Pengadilan Negeri Muara Bungo.

"Pemusnahan barang bukti ini sesuai dengan tugas pokok fungsi dan kewenangan yang dimiliki kejaksaan, sebagaimana diamanatkan di dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2014 tentang kejaksaan," tuturnya.

Sapta menambahkan, seluruh barang bukti tersebut dimusnahkan dengan cara larutkan dengan campuran air dan sabun, serta dipotong-potong menggunakan mesin gerinda, agar tidak bisa digunakan lagi.

“Barang bukti sabu dimusnahkan dengan cara dimasukan ke dalam air yang dicampur dengan sabun cair. Ganja dibakar, handphone dan senjata tajam dipotong-potong, agar benar-benar hancur dan tidak bisa dipakai lagi,” tutupnya. (Dar)

Halaman:

Editor: Syahrial.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Blokir 107 Rekening Judi Online Cemara Asri

Jumat, 19 Agustus 2022 | 12:19 WIB
X