• Jumat, 30 September 2022

Menyikapi Sejumlah Proyek Strategis Nasional, Kejati NTB Sampaikan Materi UU Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf

- Rabu, 14 September 2022 | 15:53 WIB
Koordinator Bidang Pidana Umum Kejati NTB, Deji Setiapermana, SH.,MH. (Ist)
Koordinator Bidang Pidana Umum Kejati NTB, Deji Setiapermana, SH.,MH. (Ist)

PORTALTEBO.id - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) NTB, diwakili Koordinator Bidang Pidana Umum Kejati NTB, Deji Setiapermana, SH.,MH menjadi pemateri pada kegiatan Pembinaan Nazhir dan Rapat Koordinasi Badan Wakaf Indonesia se Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenag Provinsi NTB ini, digelar di Hotel Mataram Square, Kota Mataram pada Rabu, 14 September 2022.

Pada kegiatan ini, Deji Setiapermana, SH.,MH yang juga mewakili Aparat Penegak Hukum,menyampaikan materi terkait penerapan sanksi pidana dalam Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf.  

Baca Juga: Jaksa Agung Ungkap Syarat Untuk Menjadi Jaksa Seutuhnya

Baca Juga: Jaksa Agung: Saya Tidak Butuh Jaksa Yang Hanya Cerdas, Namun…

Baca Juga: Jaksa Agung Menyetujui 7 Pengajuan Restorative Justice

Dalam pemaparannya, Deji Setiapermana menyampaikan ketentuan pidana mengenai Wakaf diantaranya, dilarang menjaminkan, menghibahkan, menjual, mewariskan, mengalihkan dalam bentuk pengalihan hak lainnya harta benda wakaf yang telah diwakafkan atau tanpa izin menukar harta benda wakaf yang telah diwakafkan.

Kecuali kata dia, apabila harta benda wakaf yang telah diwakafkan digunakan untuk kepentingan umum sesuai dengan Rencana Umum Tata Ruang (RUTR) dan memperoleh izin dari Menteri Agama atas persetujan Badan Wakaf Indonesia.

Dengan ketentuan, kata dia, penukaran harta benda wakaf wajib ditukar deengan harta benda yang manfaat dan nilai tukar sama dengan harta benda wakaf semula.

Baca Juga: Kejagung Periksa 3 Saksi Korupsi Pengadaan Tower Transmisi PLN Tahun 2016

Halaman:

Editor: Syahrial.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kalah di PTUN Jambi, PJ Bupati Tabo: Kita Akan Banding

Senin, 26 September 2022 | 17:58 WIB
X