• Jumat, 30 September 2022

Sidang Perdana Pelanggaran HAM Berat, Terdakwa Tidak Mengajukan Eksepsi Terhadap Dakwaan JPU

- Rabu, 21 September 2022 | 13:33 WIB
Sidang perdana Mayor inf. (PURN.) Isak Sattu. (Ist)
Sidang perdana Mayor inf. (PURN.) Isak Sattu. (Ist)

PORTALTEBO.id - Penuntut Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Tinggi Papua menghadiri sidang dengan agenda Pembacaan Surat Dakwaan terhadap Terdakwa Mayor inf. (Purn) IS, di Pengadilan Hak Asasi Manusia pada Pengadilan Negeri Makassar, Rabu, 21 September 2022.

Pada perkara ini, terdakwa diduga telah melakukan pelanggaran Hak Asasi Manusia yang Berat dalam peristiwa Paniai di Provinsi Papua tahun 2014 lalu.

Dari pers release yang diterima Portal Tebo dari Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Dr. Ketut Sumedana menyebutkan, Terdakwa Mayor Inf. (Purn) IS didakwa oleh Penuntut Umum dengan pasal: 

Baca Juga: Jaksa Agung Perintahkan 43 JPU Tangani Perkara Pembunuhan Brigadir J

Baca Juga: Sidang Lanjutan Korupsi Proyek Jalan Padang Lamo, JPU Hadirkan 4 Saksi

Baca Juga: JPU Hadirkan 5 Saksi Sidang Dugaan Korupsi Jalan Padang Lamo

Pertama: Pasal 42 ayat (1) huruf a dan huruf b Jis Pasal 7 huruf b, Pasal 9 huruf a, Pasal 37 Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia.

Kedua: Pasal 42 ayat (1) huruf a dan huruf b Jis Pasal 7 huruf b, Pasal 9 huruf h, Pasal 40 Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan Hak Asasi Manusia.

Sidang dengan agenda Pembacaan Surat Dakwaan terhadap Terdakwa Mayor Inf. (Purn) IS dilaksanakan Penetapan Majelis Hakim Pengadilan Hak Asasi Manusia pada Pengadilan Negeri Makassar Nomor 1/Pid.Sus-HAM/2022/PN Mks tanggal 09 September 2022 dengan menghadirkan Terdakwa, alat bukti, dan barang bukti. 

Baca Juga: Perkara Korupsi Jalan Padang Lamo, Kuasa Hukum Soroti Perbedaan Hasil Audit, JPU: Buktikan Dipersidangan

Halaman:

Editor: Syahrial.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kalah di PTUN Jambi, PJ Bupati Tabo: Kita Akan Banding

Senin, 26 September 2022 | 17:58 WIB
X