• Sabtu, 1 Oktober 2022

Dewan Desak Pemerintah Mempercepat Realisasi Anggaran Penanganan Covid-19 dan PEN

- Senin, 8 Agustus 2022 | 14:30 WIB
Pekerjaan jalan Pintas Tuo Tanah Garo Kecamatan Muara Tabir Kabupaten Tebo yang menguntungkan dana PEN. (Iyal)
Pekerjaan jalan Pintas Tuo Tanah Garo Kecamatan Muara Tabir Kabupaten Tebo yang menguntungkan dana PEN. (Iyal)

PORTALTEBO.id - Anggota Komisi XI DPR RI Heri Gunawan mendesak pemerintah untuk mempercepat realisasi anggaran Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN). 

Realisasi anggaran tersebut diprioritaskan terutama untuk menjamin pasokan bahan pangan yang mencukupi, murah, dan mudah diakses. Lalu, menopang daya beli masyarakat berpenghasilan rendah melalui distribusi Bansos secara tepat dan cepat.

“Realisasi anggaran Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) yang hingga 22 Juli 2022 baru mencapai Rp146,7 triliun atau 32,2 persen dari pagu yang dialokasikan yakni Rp455,6 triliun,” kata politisi yang kerap disapa Hergun itu kepada awak media, belum lama ini.

Baca Juga: Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 77, Camat Tebo Ilir Gelar Sejumlah Open Turnamen

Baca Juga: Belum Terlihat Bendera Merah Putih Maupun Atribut HUT Kemerdekaan RI ke 77 di Patung Sulthan Thaha Syaifuddin

Baca Juga: Sudah Tiga Kali Melakukan Curanmor Akhirnya Diangkap Polisi

Diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) baru saja merilis tingkat inflasi pada Juli 2022 mencapai 0,64 persen (mom) dan 4,94 persen (yoy). 

Tingkat inflasi secara tahunan merupakan inflasi tertinggi sejak Oktober 2015 yang mencapai 6,25 persen. Karena itu, Hergun mendorong pemerintah dan Bank Indonesia agar memperkuat koordinasi untuk mengatasi merambatnya inflasi.

Bauran antara kebijakan fiskal dan moneter yang tepat diyakini akan mampu mempertahankan tingkat inflasi pada rentang yang moderat dan terukur. Idealnya, kata Hergun, pada periode Semeter I-2022 realisasi PC-PEN sudah mencapai 50 persen, sehingga pada Semester II tidak menumpuk. 

Masih rendahnya realisasi PEN dikhawatirkan akan mengulang realisasi tahun lalu yang tidak optimal, yakni hanya 88,4 persen.

Halaman:

Editor: Redaksi

Sumber: DPR RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dewan Minta Petugas Dukcapil Tebo Ditambah

Selasa, 27 September 2022 | 14:05 WIB
X